Pantai Di Canggu Bali Banjir Sampah Pohon

Pantai di Canggu Bali Banjir Sampah PohonPantai Canggu banjir sampah. (Foto: Istimewa)

Badung -Kawasan Pantai Canggu, Badung, Bali, dibanjiri sampah pohon. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung bekerja keras membersihkannya.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 10-15 persen dalam bulan yang sama. Tahun sebelumnya, information sampah pohon hanya l persen, tapi 2018-2019 hampir 95 persen sampah pohon. Lonjakan sampah ternyata xxx persen full sampah malam tahun baru addition sampah pantai, tahun ini pemecah rekor," kata Kadis DLHK Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan ketika dihubungi, Selasa (1/1/2019).

Eka mengatakan banyaknya sampah pantai berupa potongan batang pohon membuat pihaknya sulit melakukan evakuasi.

"Hampir semua sampah pantai dominasi batang pohon, panjang dan berat, jadi sulit evakuasi," terangnya.


Eka juga mengirimkan foto evakuasi sampah pantai berupa batang pohon dari Pantai Batu Bolong, Canggu. Dari foto tersebut, terlihat proses pembersihan yang dilakukan petugas DLHK Badung dibantu dengan ekskavator.

Sampah-sampah tersebut terlihat sudah di tepian pantai. Beberapa petugas juga terlihat sibuk menggergaji potongan sampah kayu tersebut.

Dari catatan DLHK, pada 2017, sampah hari raya dan pantai hanya l ton per hari. Sementara saat ini peningkatan sampahnya melebihi l persen dibanding tahun lalu.

"Tahun 2017 sampah hari raya dan pantai hanya l ton per hari. Tahun ini melonjak 85 ton per hari, luar biasa, dan penanganannya sulit sekali," ucap Eka.


Eka menambahkan, pihaknya telah mengerahkan seribu personel untuk menyingkirkan sampah sisa perayaan tahun baru di sejumlah titik di Kabupaten Badung. Harapannya, wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut tidak menemukan sampah dan nyaman berwisata ke pantai.

"DLHK Badung untuk membuat strategi yang cukup ketat mengerahkan 1.000 orang dalam pelaksanaan tahun baru nanti, termasuk juga ada 75 kendaraan, baik roda half-dozen maupun roda 4," tuturnya.

"Kita berusaha setiap areal publik yang jadi titik perayaan tahun baru kembali normal seperti sediakala sehingga wisatawan yang ke pantai benar-benar tidak melihat sampah di mana-mana," sambung Eka.




Simak juga diveo 'Sampah Kiriman Penuhi Pantai Kuta':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait