Rumus Menghitung Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung weblog gue :). Slamat datang di weblog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin weblog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menghitung Nilai akhir Modal Bunga Majemuk, Tanpa panjang lebar lagi yo banking company gibe it out !
Rumus Menghitung Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk
Sebelum saya memberikan rumusnya, alangkah baiknya teman-teman memahami dulu asal-usul rumus ini. Perhatikan uraian di bawah ini :
Satuan modal grand dengan bunga i%/bulan, maka setelah :
1 bulan modal menjadi :
M1 = grand + bunga
M1 = grand + M.i
M1 = M(1 + i)

ii bulan modal menjadi :
M2 = M1 + bunga
M2 = M(1 + i) + M(1 + i).i
M2 = M(1 + i)(1 + i)
M2 = M(1 + i)2

three bulan modal menjadi :
M3 = M2 + bunga
M3 = M(1 + i)2 + M(1 + i)2.i
M3 = M(1 + i)2(1 + i)
M3 = M(1 + i)3

Dari pola uraian di atas, maka pada n bulan modal menjadi : Mn = M(1 + i)n.

Maka, dapat disimpulkan jika suatu modal M dibungakan dengan bunga majemuk i%/periode selama n periode, maka modal akhir Mn :

Rumus Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk :

Mn = M(1 + i)n

Keterangan :
grand = Modal awal
Mn = Modal akhir
i = Persentase bunga
n = Lamanya waktu

Contoh :

Modal sebesar Rp. 5.000.000,00 dibungakan dengan bunga mejemuk 10%/tahun. Tentukan modal akhir setelah half-dozen tahun !

Jawaban :
M = Rp. 5.000.000,00
i = 10%/tahun = 0,1/tahun
n = half-dozen tahun


Mn = M(1 + i)n
Mn = Rp. 5.000.000,00(1 + 0,1)6
Mn = Rp. 5.000.000,00(1,1)6
Mn = Rp. 5.000.000,00 x 1,771561
Mn = Rp.8.857.805,00

Jadi modal akhir selama half-dozen tahun menjadi Rp.8.857.805,00

Sekian artikel kali ini Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Refernsi :
  • Buku matematika SMK kolompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Artikel Terkait