Pedoman Kerja Perusahaan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung weblog gue :). Slamat datang di weblog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin weblog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Pedoman Kerja Perusahaan, Tanpa panjang lebar lagi yo banking concern fit it out

Pengertian Pedoman Kerja

Pengertian dari pedoman kerja adalah :
  • Suatu standar tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Pedoman kerja merupakan tata cara atau tahapan yang dibukukan dan harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.

Tujuan Pedoman Kerja

Tujuan diberlakukannya pedoman kerja adalah :
  • Memperelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi;
  • Memperjelas alur tugas, wewenang, dan tanggung jawab petugas terkait;
  • Melindungi unit of measurement kerja dan petugasi dari malpraktik atau kesalahan administrasi lainnya;
  • Untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi;
  • Memperlancar tugasi pegawai atau unit of measurement kerja;
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan dalam suatu proses pekerjaan;
  • Mengarahkan petugas untuk berdisiplin dalam bekerja;
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

Waktu Diperlukannya Pedoman Kerja

Pedoman kerja diperlakukan pada saat :
  • Pedoman kerja diperlukan sebelum melakukan suatu pekerjaan;
  • Ketika mengadakan penilaian apakah pekerjaan tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak, maka diperlukan pedoman kerja;
  • Apabila terjadi revisi langkah kerja yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja.

Maanfaat Pedoman Keja

Maanfaat yang akan diperoleh dari adanya pedoman kerja adalah :
  • Adanya pegangan bagi pelaksanaan suatu proses pekerjaan. Pedoman kerja akan menjadi alat komunikasi dan pengawasan yang menjadikan suatu pekerjaan diselesaikan secara konsisten;
  • Para pegawai akan lebih percaya diri dalam bekerja dan mengetahui hal-hal yang harus dicapai di setiap pekerjaan;
  • Pedoman kerja dapat digunakan sebagai salah satu alat preparation dan alat untuk mengukur kinerja pegawai.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku menerapkan prinisip propesional bekerja untuk SMK kelompok bisnis dan manajemen (Yati Sumaryati)

Artikel Terkait