Cara Menentukan Nilai Kuartil Information Tunggal

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung weblog gue :). Slamat datang di weblog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin weblog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal, Tanpa panjang lebar lagi yo banking concern jibe it out !
Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal

Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal

Kuartil membagi information menjadi empat bagian yang sama banyak dari information yang telah terurut yang masing-masing 25%.
Ada three langkah untuk menentukan nilai kuartil information tunggal, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Susun information menurut urutannya
  2. Tentukan letak kuartil
  3. Tentukan nilai kuartilnya
Untuk mencari letak kuartil information tunggal dapat dicari dengan rumus :
Qi = (i(n + 1))/4

Keterangan :
Qi  = Letak kuartil ke-i 
n = Banyaknya data

Contoh :

Tentukan nilai kuartil 1 dari information 1, 6, 9, 3, 5, 8, 10 !!!

Jawaban :
n = 7
 

1. Susun information menurut urutannya 

 1, 3, 5, 6, 8, 9, 10

two Tentukan letak kuartil

 Qi = (i(n + 1))/4
 Q1 = (1(7 + 1))/4
 Q1 = 8/4 
 Q1 = 2

Jadi letak kuartil satunya ada pada information ke-2

3. Tentukan Nilai kuartilnya 

 Karena 3 terletak pada information ke-2 setelah disusun, maka kuartil satu dari 1, 6, 9, 3, 5, 8, 10 adalah 3

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan to'ali kelas 12

Artikel Terkait