Akhir 2018 Dan Awal 2019, Joko Widodo Akan Resmikan Banyak Proyek


Presiden  Joko Widodo mengatakan, pada akhir  2018 sampai 2019, akan banyak proyek infrastruktur di Indonesia yang rampung dan resmi beroperasi.

"Akhir tahun ini dan awal tahun depan, kami akan resmikan infrastruktur yang sudah kami bangkit selama empat tahun ini," ujar Jokowi dikala memberikan pidato pada program CEO Forum di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Jokowi lantas menyebutkan beberapa proyek itu.

Pertama, jalan tol Jakarta-Surabaya yang akan tersambung pada Desember 2018. Jokowi dijadwalkan meresmikan jalan tol ini.

"Sementara, untuk jalan tol Merak-Banyuwangi, masih akan selesai selesai 2019," ujar Jokowi.

Sementara itu, tol Trans Sumatera, Ruas Bakauheuni-Terbanggi Besar sepanjang sekitar 140 kilometer juga akan resmi beroperasi pada Desember 2018.

Namun, untuk ruas Bakauheuni-Palembang ditargetkan selesai pada pertengahan 2019.

Pada selesai 2018 ini, proyek infrastruktur lainnya yang juga akan resmi beroperasi, yakni Pelabuhan Kuala Tanjung, Provinsi Sumatera Utara.

Adapun, Pelabuhan New Makassar akan beroperasi pada 2019.

"Satu lagi yang juga aku tunggu-tunggu, selesai 2018 ini, runway ketiga atau terakhir Bandara Soekarno-Hatta bahwasanya akan selesai," ujar Jokowi.

"Tapi alasannya yaitu pembebasan lahan ada terhambat, mungkin pertengahan tahun 2019 gres akan selesainya," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, banyak negara yang telah meminta aksesori slot penerbangan ke Jakarta antara lain India, Thailand, Uni Emirat Arab, dan China.

"Permintaan-permintaan slot penerbangan yang ke Indonesia ini terlambat semua. Karena banyak negara itu minta. India minta, Uni Emirat Arab minta, China minta, Thailand minta," lanjut Jokowi. [kompas.com]

Artikel Terkait