Lampung-Palembang Tersambung Tol April 2019

Foto: Dok. Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) meyakini penugasan di Jalan Tol Trans Sumatera sanggup diselesaikan sesuai target. Bagian Selatan Sumatera dari Bakauheni hingga Palembang yang membentang sepanjang kurang lebih 347 kilometer (km) dari 380 km dijanjikan sanggup diselesaikan pada bulan April 2019.

"Dengan demikian, selama 4 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menuntaskan jalan tol Trans Sumatera sepanjang 290 km dengan total investasi Rp 41,295 triliun," ungkap Direktur Operasi I Hutama Karya Bambang Pramusinto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/11/2018).

Lanjut Bambang, sisa 33 km dari ruas tersebut merupakan bab dari ruas Kayu Agung-Betung yang konsesinya dimiliki oleh pihak lain. Selanjutnya, untuk Sumatera bab utara, yaitu dari Medan-Binjai, Hutama Karya sudah menyelesaikannya sepanjang 17 km.

Terkait ruas yang masih dalam tahap konstruksi, menyerupai ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, Bambang menjelaskan bahwa ruas tersebut sudah dilaksanakan konstruksinya sepanjang 53 km pada tahun 2018, dan ditargetkan selesai pada final tahun 2019.

"Ruas lain yang akan segera dimulai konstruksinya yaitu Padang-Pekanbaru, Aceh-Sigli, Indrapura-Kisaran, Kualatanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Binjai-Langsa, serta Indralaya-Muara Enim," katanya.

Hutama Karya juga akan melaksanakan pengembangan tempat di sekitar jalan tol Trans-Sumatera. Direktur Human Capital dan Pengembangan Hutama Karya Putut Ariwibowo menyampaikan perseroan menyiapkan investasi sebesar Rp 3 triliun dengan luas tanah kurang lebih 1.546 Ha untuk pengembangan bisnis tersebut.

"Rencananya tanah-tanah tersebut akan dikembangkan menjadi perumahan, industri ringan, serta sentra pendidikan. Nilai proyeknya sekitar Rp 9 triliun," terang Putut. [detik.com]

Artikel Terkait