Saat Joko Widodo Nostalgia Ke Era Menjadi Pengusaha Muda


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku merasa nostalgia ketika melihat rasa semangat pengusaha muda yang tergabung dalam Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas).

Jokowi hadir untuk mendeklarasikan Repnas sebagai penguasaha yang mendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1.

"Ketika saya masuk ke ruangan ini saya ingat waktu masih jadi pengusaha tapi masih umur umur 30-an waktu masih di HIPMI Solo semangatnya sama ibarat yang tadi," kata Jokowi di Fairmont Hotel, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Jokowi mengatakan, pengusaha muda harus pandai memanfaatkan peluang sekecil apapun dalam menjalankan bisnisnya.

"Pengusaha itu harus pandai memanfaatkan peluang pandai memanfaatkan opportunity, sekecil apapun peluang itu dari sesuatu yang tidak memiliki nilai lalu diangkat menjadi sesuatu," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, ada perbedaan abjad bagi pengusaha muda kini dengan pengusaha muda pada eranya. Mantan Wali Kota Solo ini mengaku, bahwa penguasaha muda kini lebih cepat perluasan bisnisnya.

"Sekarang ini pengusaha muda sangat cepat sekali pergerakannya 2-3 tahun sudah jadi miliarder," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga mengajak para pengusaha muda di Indonesia untuk terus menjunjung tinggi rasa optimisme terhadap perekonomian dan juga persatuan.

"Saya mengajak kita mari utamanya anak muda pengusaha muda hijrah dari pesimis ke optimisme dari konsumtif ke produktif. Dari murka marah ke sabar. Sabar tapi kerja keras ciri-ciri HIPMI di situ. Hijrah dari yang seneng perpecahan ke yang bahagia persatuan. Yang senangnya monopoli bahagia kompetisi. Terakhir hijrah individualistik ke kolaborasi," ungkap dia. [detik.com]

Artikel Terkait