Jalan Tol Jakarta-Surabaya Sepanjang 741 Km Hasilnya Tersambung


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beberapa ruas Tol Trans Jawa, Kamis (20/12/2018). Dengan begitu, pelantikan ini menunjukan jalan tol Jakarta ke Surabaya telah tersambung.

Di Jawa Timur, Jokowi meresmikan ruas Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), relokasi Jalan Tol Porong-Gempol, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati).

Sementara, di Jawa Tengah, Kepala Negara mengkukuhkan ruas Pemalang-Batang (segmen simpang susun Pemalang-Pasekaran), Batang-Semarang (segmen Pasekaran-simpang ausun Krapyak), dan Semarang-Solo (segmen Salatiga-Kartasura).

"Artinya Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan sanggup dilalui kendaraan hari ini," kata Jokowi di KM 671 Tol Tran Jawa, Nganjuk, Jawa Timur.

Kepala Negara menjelaskan Tol Trans Jawa mempunyai panjang 741 km dengan titik nol di Cawang, Jakarta Timur. Ia pun turut menjajal jalur dari Surabaya ke Semarang dengan jarak 341 km.

Jokowi berharap infrastruktur ini sanggup memudahkan mobilitas warga. Keberadaan tol pun dipastikan bakal menciptakan ongkos logistik dan transportasi lebih murah dan cepat. Menurut dia, keberadaan tol Trans Jawa akan menawarkan alternatif pilihan bagi masyatakat.

"Masyarakat juga miliki alternatif. Silakan kalo mau pakai jalan tol mau jalan lama. Saya kira alternatif pilihan perlu diberikan ke masyarakat," tukasnya. [okezone.com]

Artikel Terkait