Presiden Joko Widodo Lepas Ekspor Motor Yamaha Ke-1,5 Juta Unit


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelepasan ekspor motor Yamaha yang ke 1,5 juta unit yang diproduksi di Indonesia. Sejak berinvestasi di Indonesia sampai ketika ini, produsen motor asal Jepang tersebut telah mengekspor motornya sampai 1,5 juta unit.

Jokowi menyambut baik ekspor motor yang dilakukan Yamaha ini. Menurut dia, hal tersebut dapat membantu Indonesia keluar dari defisit neraca perdagangan.

"Negara kita ini mempunyai dilema besar, yaitu impor lebih besar dari ekspor. Ini dilema besar yang bertahun-tahun belum kita atasi. Oleh alasannya yaitu itu saya sangat bahagia hadir di sini, di PT Yamaha, lantaran di 2014 produksi untuk ekspor ketika itu 23 ribu motor, kini 338 ribu motor. Nanti akan kita launching ekspor yang ke 1,5 juta, ini jumlah yang sangat besar sekali," ujar ia di tempat Pulogadung, Jakarta, Senin (3/12).

Jokowi mengungkapkan, selain ekspor yang besar, motor produksi Yamaha juga telah mempunyai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi, yaitu sebesar 94 persen. Dengan demikian, produk tersebut memperlihatkan nilai tambah yang besar bagi Indonesia.

"Pertama, ekspornya tinggi. Kedua, investasinya juga besar. Ketiga, komponen lokal pun banyak, mencapai 93-94 persen. Ini jumlah yang sangat besar. Kandungan lokalnya sangat tinggi. Investasi-investasi menyerupai ini yang terus kita cari, lantaran jikalau untuk ekspor tapi materi bakunya dari impor, ini yang sering menjadikan defisit neraca perdagangan," kata dia.

Ke depannya, Jokowi berharap Yamaha terus meningkatkan ekspornya ke negara lain. Jika ketika ini porsi yang diekspor hanya 25 persen dari total produksinya, Jokowi ingin ditingkatkan menjadi 75 persen.

"Oleh lantaran ini saya menghargai upaya-upaya yang telah dilakukan oleh PT Yamaha. Pasar dalam negeri berapa? 25 persen ekspor, 75 persen untuk dalam negeri. Ya tapi 5 tahun dibalik. Kita sudah menguasai, 45 negara," tandas dia.

Sebagai informasi, ketika ini Yamaha telah mengekspor sepeda motor dengan jenis XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain ke 45 negara di 5 benua.

Adapun negara tujuan ekspor motor Yamaha menyerupai Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Prancis, dan negara-negara di tempat Asia, Afrika serta Australia. [merdeka.com]

Artikel Terkait