Rekor, Joko Widodo Bangkit 616 Km Tol Trans Jawa Dalam 4 Tahun


Jalan Tol Trans Jawa sekarang telah beroperasi sepanjang 993 kilometer (km) dari Merak hingga Pasuruan. Dari jumlah itu, 616 km dibangun selama empa tahun kurun Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Capaian tersebut cukup jauh apabila dibandingkan dengan pembangunan Tol Trans Jawa sebelumnya. Pada 1978-2004, Tol Trans Jawa yang dibangun 242 km sementara sepanjang 2005-2014, hanya terbangun 75 km.

Pembangunan Tol Trans Jawa belum usai. Presiden Jokowi akan kembali menghubungkan jalan tol Pasuruan-Banyuwangi sepanjang 217 km pada 2021. Jika terwujud, total panjang Tol Trans Jawa menembus 1.150 km dan yang dibangun Jokowi mencapai 833 km.

Hari ini, Kamis (20/12/2018), Presiden Jokowi meresmikan tujuh ruas tol teranyar di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peresmian dilakukan di dua tempat yaitu empat ruas tol di Jatim di Simpang Susun (SS) Bandar Km 671 dan tiga ruas tol di Jawa Tengah di Km 383 Jembatan Kali Kuto.

“Dengan diresmikannya pengoperasian jalan tol di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut, maka jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya sudah tersambung,” kata Presiden.

Usai peresmian, orang nomor satu di Indonesia itu bersama rombongan menuju lokasi pelantikan kedua di Jembatan Kali Kuto melewati Tol Trans Jawa memakai bus.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, tersambungnya tol Jakarta-Pasuruan sanggup memudahkan masyarakat untuk mempunyai alternatif jalur transportasi darat yang lebih cepat dan lebih murah, di samping jalan nasional antar provinsi yang sudah ada.

Dia meminta biar kehadiran jalan tol diintegrasikan dengan daerah industri, daerah ekonomi khusus (KEK), maupun kawasan-kawasan wisata yang ada di sisi jalan tol.

"Saya kemarin menerima laporan dari Gubernur Jawa Timur, bahwa sehabis adanya jalan tol, daerah industri di Kabupaten Ngawi makin meningkatkan minat para calon investornya. Sebab dari sisi lahan dan juga dari sisi ketanagakerjaan masih kompetitif," kata Presiden.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresiasi seluruh pihak, terutama kementerian/lembaga yang terlibat dalam pembangunan Tol Trans Jawa. Dia berharap beroperasinya tujuh ruas gres sanggup memperlancar arus pulang kampung Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Tujuh ruas tol yang gres diresmikan akan dikenakan tarif Rp0 mulai hari ini hingga berakhirnya libur tahun gres 2019,” ujar Basuki. [inews.id]

Artikel Terkait