Geger Awan Ombak Besar Di Makassar

Geger Awan Ombak Besar di MakassarFoto: Istimewa

Jakarta -Langit Makassar di awal Januari 2019 bikin heboh warga. Pasalnya, awan-awan di langit itu membentuk ombak besar bergulung-gulung.

Dari video dan foto yang beredar, tampak awan hitam menggantung di langit Makassar pada i Januari 2019.

"Itu awan yang seperti ombak yang berada di atas bandara kemarin," kata salah seorang pegawai bandara, Ety, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (2/1/2019).


Usut punya usut, saat itu ternyata langit Makassar ditutupi awan berjenis kumulonimbus sepanjang xviii kilometer. Awan hitam ini sempat terlihat menggantung di atas Bandara Sultan Hasanuddin, Sulsel, pada i Januari kemarin. Awan ini terlihat sangat dekat dengan bandara.

"Itu awan jenisnya kumulonimbus dan biasanya sering terbentuk saat musim hujan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Hasanuddin, Purwanto, saat berbincang dengan detikcom.


Purwanto mengatakan awan ini bergerak dari arah laut Makassar dan kemudian berkumpul di atas bandara dan terlihat sangat jelas. Dikatakannya, cuaca pada saat awan ini berkumpul terjadi hujan ringan dan angin bertiup sekitar iii knot.

Tidak hanya itu, berdasarkan analisis Purwanto, lebar awan komulonimbus ini mencapai fourteen kilometer dan puncak awan setinggi 5.000 meter. Oleh karena itu, pesawat yang masuk dan keluar Bandara Sultan Hasanuddin akan berada di sekitar awan ini selama x menit.l

"Masuk ke darat mengarah ke bandara dimensi panjangnya sekitar xviii km. Sementara jaraknya dari permukaan tanah ke dasar awan sejauh 500 meter," ungkapnya.


Awan kumulonimbus hitam yang membentuk ombak besar sepanjang xviii km itu ternyata sempat mengganggu penerbangan. Saat itu, ada lima pesawat yang berputar-putar menunggu cuaca membaik.

"Kalau mengganggu, iya, sangat mengganggu. Pesawat berputar-putar di atas langit sekitar fifteen menit dan saat sudah terbuka, maka pesawat kemudian bisa landing," kata General Manager Airnav Makassar Novy Pantaryanto.

Sumber detik.com

Artikel Terkait