Pascatsunami, Warga Pulau Sangiang Mulai Beraktivitas Seperti Biasa

Pascatsunami, Warga Pulau Sangiang Mulai Beraktivitas Seperti BiasaGunung Anak Krakatau dilihat dari Pulau Sangiang. (Foto: Dok. detikcom)

Serang -Pascatsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten, termasuk Pulau Sangiang, warga di sana sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Beberapa warga yang mengungsi ke wilayah Anyer sudah kembali lagi ke Pulau Sangiang.

Mereka mencoba menyingkirkan puing-puing bangunan akibat terjangan seismic sea wave pada Sabtu, 22 Desember lalu.

"Ada beberapa yang sudah kembali ke pulau, tadi pagi saya dapet information ada sekitar xxx relawan ke sana, warga juga sudah mulai balik lagi ke Pulau Sangiang," kata Kepala Desa Cikoneng, Nur Wahdini, Rabu (2/1/2019).


Warga pulau yang sempat mengungsi kini sudah kembali ke rumah masih-masing di Pulau Sangiang. Kondisi di sana, lanjut Nur, sudah mulai pulih pascatsunami.

Relawan yang datang ke pulau mencoba membantu warga untuk membersihkan puing dan memberi bantuan kepada korban yang terkena dampak tsunami.

"Kemarin kan sempat ada threescore warga yang masih di sana, itu sudah dievakuasi. Sekarang ada yang sudah balik lagi ke sana. Kalau relawan, ya, mungkin bantu-bantu sama ngasih bantuan ke warga," ucapnya.


Meski Gunung Anak Krakatau masih berstatus siaga, warga Pulau Sangiang, yang berjarak sekitar 49,9 km dari gunung berapi tersebut tetap beraktivitas seperti biasa.

Warga pulau tetap diminta waspada, mengingat ada retakan baru di Gunung Anak Krakatau. Pihak desa terus berkoordinasi dengan warga di pulau agar tetap aman saat berada di sana.



Saksikan juga video 'Pantauan Udara Pantai Tanjung Lesung Usai Disapu Tsunami':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait