Pjs Rais Aam Nu Temui Maruf Amin, Bahas Halaqah Hingga Masalah Negara

Pjs Rais Aam NU Temui Maruf Amin, Bahas Halaqah hingga Masalah NegaraPjs Rais Aam NU temui Ma'ruf Amin (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

Jakarta -Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, hari ini menerima kunjungan Penjabat Sementara (Pjs) Rais Aam PBNU, KH Miftahul Akhyar. Kedatangan Miftahul bertujuan melaporkan beragam kegiatan yang akan digelar dalam rangka halaqah ulama NU.

"Kehadirannya bersama beberapa khatib sekretaris syuriah melaporkan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka halaqah pertemuan dengan kalangan ulama NU, baik struktural maupun kultural," kata Ma'ruf Amin di Rumah Situbondo, Menteng, DKI Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).


Halaqah tersebut, kata Ma'ruf, sekaligus untuk mensosialisasi pencalonannya bersama capres Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Namun tidak dijelaskan secara rinci kapan halaqah itu akan digelar.

"Rencananya mereka memang melakukan pertemuan halaqah-halaqah di seluruh Republic of Indonesia dalam rangka memantapkan dan memenangkan saya dan Pak Jokowi, capres-cawapres nomor urut 01, Intinya gitu," ungkap Ma'ruf.

Kendati demikian, Ketum MUI itu mengaku tidak ada pembahasan yang spesifik mengenai pencalonan dirinya sebagai cawapres. Sebab, menurut dia, baik secara struktural maupun kultural, NU mendukungnya secara penuh.

"Karena itu, mereka akan terus melakukan pemantapan-pemantapan dan menyampaikan dukungan ulama-ulama di berbagai daerah," katanya.


Sementara itu, Miftahul mengatakan, dalam pertemuan yang berlangsung hampir dua jam itu, dia dan Ma'ruf juga membahas permasalahan negara. Termasuk rencana penyelenggaraan istigasah untuk mendoakan negara.

"Kemungkinan kita akan mengadakan istigasah ya untuk karena ini pesan kiai-kiai sepuh kapan PBNU mengadakan istigasah nah ini yang kita bicarakan tadi di samping melihat kesehatan beliau," kata Miftahul.

Miftahul mengungkapkan, rencananya istigasah itu digelar antara Februari dan Maret. Tidak dijelaskan apakah acara halaqah dan istigasah itu digelar secara berbarengan atau tidak.


Saksikan juga video 'Ma'ruf Amin Mundur dari Rais Aam PBNU':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait