Saat Sandiaga Beri Motivasi Emak-Emak Pelaku Umkm Di Surabaya

Saat Sandiaga Beri Motivasi Emak-emak Pelaku UMKM di SurabayaFoto: Hilda Meilisa Rinanda/File detikcom

Surabaya -Mengawali tahun 2019, Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Uno memberikan motivasi kepada emak-emak. Para emak-emak ini merupakan penjual makanan hingga pelaku UMKM di Foodcourt Urip Sumoharjo, Surabaya.

Dalam kunjungannya di hari libur ini, Sandi mengatakan hal ini merupakan apresiasinya terhadap para pelaku UMKM yang tetap ulet bekerja di hari libur.

"Di DKI Jakarta saya dulu menyebut Pedagang Kaki Lima (PKL) menjadi Pedagang Kreatif Mandiri (PKM). Saat para pengusaha besar masih tidur, masih libur tapi para pengusaha tradisional, pengusaha kecil, pedagang pasar sudah mulai. 24 jam mereka menjadi tulang punggung keluarga," kata Sandi saat berdialog dengan para pelaku UMKM di Foodcourt Urip Sumoharjo, Surabaya, Selasa (1/1/2019).

Di kesempatan yang sama, Sandi menilai Republic of Indonesia sedang mengalami kesulitan pembangunan ekonomi. Hal ini karena pemerintah terlalu sibuk membangun infrastruktur hingga membebani utang negara.


Sandi menyarankan pemerintah sebaiknya lebih fokus menciptakan kesejahteraan rakyat dengan menyediakan lapangan kerja. Misalnya dengan meningkatkan UMKM yang dinilai memiliki pengaruh sebesar 60% pada perekonomian Indonesia.

"Pemerintah hanya fokus membangun infrastuktur. Harusnya bisa membangun manusianya dan memastikan kesejahteraan masyarakat. Boleh membangun infrastruktur, tapi jangan membebani utang negara," kata Sandi.

Selain itu, Sandi juga menyebut Jatim dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang besar. Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi di Jatim yang 5,4% menjadikannya sebagai lokomotif perekonomian Indonesia.

"Saya turun ke sini saya berharap ini bisa menjadi langkah untuk mengubah orientasi kita jangan hanya membangun yang besar-besar saja dan jangan hanya bangun fisik tapi juga bangun manusianya," ucapnya.


Sandi menegaskan dirinya siap membawa perubahan dan memberikan solusi untuk perekonomian Indonesia. Sandi mengatakan berkomitmen untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan membuat harga lebih stabil dan terjangkau.

"Harapannya di tahun yang baru ini para UMKM semakin membaik, uutang negara berkurang, pengusahanya banyak yang sukses. Insyaallah kalau kami diizinkan, kami akan memberikan solusi untuk ekonomi di Indonesia," pungkas Sandi.



Tonton juga ' Sandi: Selama Saya Tugas, Pengangguran di DKI Turun 20.000':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait