Tinjau Waduk Parang Ponorogo, Presiden Jokowi: Insyaallah Tamat 2019 Selesai


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Waduk Bendo, di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (4/1) siang. Waduk Bendo ini mempunyai kapasitas untuk menampung 43 juta kubik air, dan nantinya akan dapat mengairi kurang lebih 7.700 hektar.

“Kita harapkan dulu yang hanya panen sekali jadi tiga kali yang dua kali jadi tiga kali. Sangat penting sekali untuk pengairan sawah-sawah tapi juga untuk air batu,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai peninjauan.

Saat ini, berdasarkan Presiden, pembangunan Waduk Bendo itu gres mencapai 77 persen. Akhir tahun 2019 ini diharapkan dapat diselesaikan seluruh proses pembangunannya. “Akhir tahun, insyaallah sudah selesai,” ujarnya.

Menurut Kepala Negara, di Jawa Timur ini berbagai waduk yang sedang dibangun. Ada Waduk Bendo, Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Bagong, berbagai alasannya yakni memang itu yang diharapkan Jawa Timur sebagai lumbungnya pangan Indonesia.

Mengenai swasembada pangan, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah menuntaskan dulu pembangunan bendungan. Ada 49 bendungan gres yang dalam proses pembangunan, dan 16 yang juga dalam proses pembangunan.

“Ini diselesaikan dulu semuanya gres bicara nanti primernya hingga tersiernya di sawah. Baru bicara itu,” ucap Presiden Jokowi seraya menambahkan, ini memang proses jangka panjang yang memang harus dilalui alasannya yakni waduk kita juga jumlahnya gres sedikit sekali sehingga perlu semakin banyak waduk, penampungan air, juga embung-embung yang lebih kecil. [setkab.go.id]

Artikel Terkait