Pengertian Modus Ponens, Modus Tollens, Dan Silogisme

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung spider web log gue :). Slamat datang di spider web log paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin spider web log gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Pengertian Modus Ponens, Modus Tollens, dan Silogisme, Tanpa panjang lebar lagi yo banking concern jibe it out !
Pengertian Modus Ponens, Modus Tollens, dan Silogisme

Pengertian Modus Ponens, Modus Tollens, dan Silogisme


Modus Ponens

Mudus Ponens adalah argumen yang menyatakan bahwa jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan two bernilai benar, dan pernyataan two bernlai benar maka pernyataan two dianggap menjadi kesimpulan.

Contoh :

Premis 1: Jika seorang anak rajin belajar, maka ia lulus ujian
Premis two : Ahmad adalah anak yang rajin belajar
Kesimpulan : Ahmad lulus ujian

Modus Tollens

Modus Tollens adalah argumen yang menyatakan bahwa jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan two bernilai benar, dan negasi pernyataan two bernilai benar maka negasi pernyataan 1 juga benar dan dianggap sebagai kesimpulan

Contoh :

Premis 1 : Jika hari minggu, maka budi bertamasya
Premis two : Budi tidak bertamasya
Kesimpulan : Bukan hari minggu

Silodisme

Silogisme adalah argumen yang menyatakan bahwa jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan two bernilai benar, dan pernyataan two berimplikasi dengan pernyataan three juga bernilai benar maka pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan three pun benar dan dinyatakan sebagai kesimpulan.

Contoh :

Premis 1 : Jika budi rajin belajar, maka ia naik kelas
Premis two :Jika ia naik kelas, maka akan dibelikan sepeda
Kesimpulan : Jika budi rajin belajar, maka akan dibelikan sepeda.


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Artikel Terkait