Waktu Dimulainya Penyusutan Atau Amortisasi

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung weblog gue :). Slamat datang di weblog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin weblog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Waktu Dimulainya Penyusutan atau Amortisasi, Tanpa panjang lebar lagi yo depository fiscal establishment fit it out !

Penyusutan atau Amortisasi dilakukan pada saat :
  • Bulan dilakukan pengeluarannya;
  • Untuk harta yang masih diperjalananan, dimulai pada bulan pengerjaan harta tersebut selesai;
  • Dengan izin direktur jendral pajak, penyusutan dapat  dimulai pada bulan harta berwujud mulaidigunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan, atau pada bulan harta tersebut mulai menghasilkan.

Contoh metode garis lurus :

PT Muhamad Pajar mengeluarkan dana sebesar Rp. 150.000.000,00 untuk membangun sebuah gedung. pembangunan gedung tersbeut dimulai sejak 10 Agustus 2009 dan telah selesai dibangun serta digunakan pada tanggal i Mei 2010. Penyusutan dimulai pada bulan Mei 2010. Berdasarkan kebijakan akuntansi perusahaan, bangunan tersebut ditaksir mempunyai manfaat 10 tahun dengan nilai residu Rp. 30.000.000,00

Diminta :
Buat tabel penyusun gedung menurut akuntansi!

Jawaban :

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2B untuk SMK dan MAK (Dwi Harti)
Saya sarankan untuk membaca artikel di bawah ini :

Artikel Terkait