Cara Menghitung Perpangkatan Bentuk Aljabar

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung spider web log gue :). Slamat datang di spider web log paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin spider web log gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menghitung Perpangkatan Bentuk Aljabar, Tanpa panjang lebar lagi yo cheque it out !
Untuk menghitung perpangkatan bentuk aljabar, teman-teman harus mengingat sifat di bawah ini :

Sifat - sifat perpangkatan pada bentuk aljabar :
(xm)n = xm.n
(x . y)m = xm . ym
(xm . ym)n = (x . y)m.n

Cara Menghitung Perpangkatan Bentuk Aljabar

Untuk menghitungnya tentunya kita harus berdasar pada sifat-sifat di atas . Namun untuk mempermudah pengerjaan teman-teman ikutilah langkah-langkah berikut ini :
  1. Gunakan sifat-sifat perpangkatan pada bentuk aljabar
  2. Hitung hasilnya.
Contoh soal :
Tentukan hasil dari :
  1. (x2)3 ?
  2. (x . y)2 ?
  3. (x2 . y2)3 ?
Jawab :
  1. Langkah pertama kita gunakan sifat diatas, dan sifat yang digunakan adalah (xm)n = xm.n ,maka :
    (x2)3 = x2 . 3
    (x2)3 = x6

    Jadi hasil dari (x2)3 adalah x6

  2. Langkah yang pertama kita gunakan sifat diatas, dan sifat yang digunakan adalah (x . y)m = xm . ym ,maka :
    (x . y)2 = x2 . y2

    Jadi hasil dari (x . y)2 adalah x2 . y2
  3. Langkah yang pertama kita gunakan sifat diatas, dan sifat yang digunakan adalah (xm . ym)n = (x . y)m.n ,maka :
    (x2 . y2)3 = (x . y)2 . 3
    (x2 . y2)3 = (x . y)6
    (x2 . y2)3 = x6 . y6

    Jadi hasil dari (x2 . y2)3 adalah x6 . y6

Kesimpulan

Jadi jika kita tidak tahu bagaimana mengerjakan soal perpangkatan dalam bentuk aljabar, maka berpedomanlah pada sifat yang sudah saya jelaskan di atas.

Akhir kata wasssalamualaikum wr. wb.

Artikel Terkait