Ppdb Ricuh, Mendikbud Bakal Hentikan Sistem Zonasi Sekolah?

INFOKEMENDIKBUD--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan penerimaan peserta didik gres pada tahun-tahun depan lebih aman dibandingkan dengan pada 2018.

"Kebijakan zonasi ini terintegrasi dan ke depan ini masih terus akan kita tata, termasuk nanti sehabis kita petakan berapa jumlah siswa di setiap zona, nanti sistem penerimaan siswa gres kita harapkan di tahun depan tidak lagi ribut-ribut menjelang tahun pedoman gres tapi jauh hari sudah sanggup dilaksanakan," kata ia Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Dia menyampaikan dengan penerapan zonasi tahun ini, maka telah sanggup diketahui jumlah siswa yang ada di suatu zonasi sehingga memudahkan untuk penempatan siswa ke jenjang SMP (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Begitu siswa masuk kini ini, kita sudah tahu sebenarnya berapa yang akan masuk SMP di zona itu, ialah merujuk dari kelas VI SD yang sekarang, jadi tidak perlu lagi daftar nanti, lalu cukup di penempatan saja sehingga nanti jika ada orang bau tanah protes tidak menjelang siswa gres tetapi sanggup setiap dikala jika memang mau protes," tuturnya.

Begitu juga untuk siswa Sekolah Menengan Atas yang akan diterima pada tahun pedoman gres tahun depan, sudah sanggup diprediksi dengan melihat jumlah siswa kelas IX SMP dikala ini. Pihaknya berencana mengundang seluruh Dinas Pendidikan di seluruh Indonesia untuk membicarakan pemantapan zona sehingga sanggup dihitung jumlah siswa di satu zona dan pemerataan distribusi guru.

Sebelumnya, ada kegaduhan dalam PPDB Tahun Ajaran 2018/2019. Siswa, orang tua, guru, kepala sekolah, masyarakat, dan dunia pendidikan di Tanah Air dibentuk gaduh sebab penerapan sistem zonasi pada penerimaan siswa gres di sekolah negeri.

Sumber : Warta Ekonomi.co.id

Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di website infokemendikbud.web.id Kami senantiasa menunjukkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda biar informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait