Cara Menyusun Neraca Saldo Dalam Akuntansi

Cara Menyusun Neraca Saldo Dalam Akuntansi Cara Menyusun Neraca Saldo Dalam Akuntansi

Neraca saldo (trial balance) diharapkan untuk memastikan bahwa tidak adanya kesalahan di dalam memposting jumlah debet/kredit dari jurnal ke buku besar. Kecocokan antara jumlah debet dengan jumlah kredit ini harus dibuktikan pada setiap simpulan periode laporan akuntansi. Langkah awal dalam menyiapkan neraca saldo yaitu memilih saldo simpulan per periode laporan akuntansi untuk setiap akun (lihat saldo simpulan yang dicetak tebal pada buku besar di atas). Seluruh saldo simpulan tersebut (untuk tiap-tiap akun) akan dipindahkan ke neraca saldo.

Perlu ditekankan di sini, bahwa neraca saldo dibentuk hanya untuk pertanda bahwa antara jumlah debet dengan jumlah kredit telah sama (equality). Neraca saldo tidak menjamin dalam hal kelengkapan dan keakuratan data transaksi. Jika antara jumlah debet dengan jumlah kredit dalam neraca saldo tidak sama, maka berarti terdapat kesalahan posting (karena dalam double-entry system, seharusnya antara sisi debet dengan sisi kredit seimbang). Sebaliknya kalau antara jumlah debet dengan jumlah kredit dalam neraca saldo sama, maka hal ini belum tentu (tidak menjamin) bahwa semua transaksi telan dicatat secara benar dalam jurnal. Antara jumlah debet dengan jumlah kredit dalam neraca saldo akan tetap sama, meskipun :
·          terdapat kesalahan identifikasi akun dalam pembuatan ayat jurnal; contohnya sebuah peralatan yang dibeli secara tunai dicatat dalam jurnal sebagai penambah utang. Dalam hal ini, meskipun akun yang dipakai salah (mengkredit akun utang, seharusnya mengkredit akun kas) tetapi antara sisi debet dengan sisi kredit akan tetap seimbang dalam jumlah yang sama.
·          terdapat transaksi bisnis yang tidak dijurnal (terlewatkan).
·         terdapat transaksi bisnis yang dijurnal secara ganda (double).

Ilustrasi :

Dengan memakai saldo simpulan dari masing-masing akun yang ada pada buku besar KAP Drs. Thomas Nelson di atas, berikut ini yaitu tampilan neraca saldo yang dibuat:


Artikel Terkait