Smptn 2019: Calon Mahasiswa Dites Dulu Gres Daftar, Sekema Terbaru...

Info Pemerintah - Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) mulai 2019 mengalami perubahan. Perbedaan utamanya ada pada model tesnya. Jika sebelumnya tes dilakukan serentak, mulai tahun depan berubah. Siswa dites dulu, sehabis itu dengan nilai yang didapat sanggup mendaftar di sekolah tinggi tinggi dan aktivitas studi yang diminati.

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, ada langkah penemuan yang diberlakukan pemerintah dalam SMPTN 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efesien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di masa digital.

Di mana mulai 2019, Kemenristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidang seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dilaksanakan oleh institusi berjulukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).


LTMPT merupakan forum nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru.

"Jadi ada perubahan besar dalam SMPTN 2019. Sistemnya lebih terarah dan sanggup mendapat calon mahasiswa yang terbaik," kata Menteri Nasir dalam kopers penerimaan mahasiswa gres di kantornya, Senin (22/10).

Perbedaan itu terletak pada penyelenggara dan model tes. Jika 2018, penyelenggaranya ialah Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) dan sifatnya ad hoc.

Pada 2019, penyelenggaranyan LTMPT yang sifatnya tetap.

Selain itu, jikalau 2018 tes dilakukan sekali, tahun depan tes dilakukan 24 kali periode Maret-Mei 2019. Dalam tes itu, setiap calon mahasiswa sanggup mengikuti tes dua kali.

"Kalau tes pertama, calon mahasiswa sudah merasa cukup tidak usah tes lagi. Namun, jikalau tidak puas sanggup tes kedua. Nanti dilihat hasil paling elok yang diambil," tandas Nasir.

Begitu mengantongi nilainya, siswa sanggup mendaftarkan diri ke prodi dan Perguruan Tinggi Negeri yang diminati. Berbeda dengan 2018, siswanya menentukan Perguruan Tinggi Negeri dan prodinya gres dites.

Sumber : www.jpnn.com

Demikian gosip dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa menawarkan gosip dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda supaya informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait