Alhamdulillah, Tahun Depan Mendikbud Permintaan 72.000 Guru Smk Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah Kontrak

Info Pemerintah - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo biar mengangkat 72.000 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun depan. Pengangkatan guru tersebut memakai bagan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Tadi saya sudah mengusulkan, tahun depan kami mengajukan ada sekitar 72.000 guru Sekolah Menengah kejuruan yang diangkat dengan bagan P3K," terang Muhadjir usai mengikuti rapat terbatas bertopik Pembangunan SDM untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11).

Guru yang diangkat dengan bagan P3K bisa dikontrak dalam waktu satu atau tiga tahun. Masa kontrak kerja juga bisa diperpanjang tergantung kesepakatan pemerintah dengan guru terkait.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menegaskan, guru yang diajukan melalui bagan P3K harus mempunyai pengalaman kerja.

"Pengangkatan guru melalui P3K itu bukan dari fresh graduate tapi yang sudah pengalaman kerja," terang dia.


Guru yang diterima melalui bagan P3K nantinya mempunyai status yang sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun bedanya, masa kerja P3K lebih fleksibel daripada PNS.

Selain masa kerja, P3K dan PNS juga punya perbedaan dari segi keuangan. P3K tidak menerima jaminan pensiun dan hari tua.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta bawahannya merevitalisasi pendidikan vokasi di Tanah Air guna mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, perbaikan kualitas pendidikan juga bisa mendorong Indonesia ke arah yang lebih maju.

"Dalam empat tahun terakhir kita telah memulai langkah perombakan dan perbaikan dalam sistem pendidikan vokasi kita. Tetapi saya kira kita belum secara full melaksanakan perombakan besar-besaran," kata dia.

Jokowi menginginkan perombakan sistem pendidikan vokasi dilakukan secara sistematis dan terarah. Misalnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), perombakan harus dimulai dari kurikulum hingga penataan kompetensi guru.

"Kita minta mulai tahun depan betul-betul dilakukan besar-besaran," ujarnya. 

Sumber : www.merdeka.com

Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa memperlihatkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait