Ketua Kpk: Ada Guru Di Jawa Bayar Rp 5 Juta Semoga Tak Dipindah

Info Pemerintah - Ketua KPK Agus Rahardjo menceritakan keprihatinannya soal praktik suap yang masih marak meski upaya forum antirasuah itu terus digencarkan. Agus pun menyebut ada seorang guru yang harus menawarkan uang biar tidak dipindah tugas.

"Salah satu kabupaten di Jawa yang kini ditangani KPK, seorang guru tidak dipindah saja harus membayar Rp 5 juta, ini kan luar biasa. Makara seorang guru untuk tidak dipindah beliau bayar. Ini cukup sangat memprihatinkan," kata Agus di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).

Agus memberikan itu dalam sambutannya di program 'Sosialisasi Kegiatan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2019 dan Penyampaian Hasil SPI 2017'. Namun Agus tidak merinci kabupaten mana yang dimaksudnya itu.

Agus lalu mengaitkan ceritanya itu dengan SPI. Menurut Agus, salah satu yang dinilai dalam SPI yaitu sumber daya insan (SDM), termasuk terkait rotasi dan mutasi di instansi pemerintah. Menurut Agus, selain soal uang, dalam proses rotasi dan mutasi juga ditemukan nepotisme dalam proses rotasi dan mutasi.


"SDM ini penting dan terjadi di banyak tempat yaitu yang namanya kemungkinan kroni. Saudaranya yang diangkat, keluarganya yang diangkat. Kemudian rotasi, mutasi dan promosi kejadian di banyak tempat itu memakai uang," ucap Agus.

Selain itu Agus menyebut SPI menilai sistem pencegahan korupsi di forum pemerintah termasuk budaya organisasi menyerupai penerimaan gratifikasi oleh PNS dan lainnya. Kemudian ada pula evaluasi perihal sistem antikorupsi menyerupai whistleblowing.

Agus pun ingin biar evaluasi itu menjadi tolok ukur bagi setiap forum untuk melaksanakan perbaikan. Hal itu berdasarkan Agus akan meningkatkan pencegahan korupsi.

Sumber : detik.com

Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa menawarkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait