Cerita Joko Widodo Pergoki Kepsek Dan Guru Lembur Garap Lpj, Dia Langsung...

Info Pemerintah - Rumitnya sistem pemberkasan laporan pertanggungjawaban tak hanya dialami perangkat desa, tetapi juga para praktisi pendidikan. Mereka harus lembur hingga tengah malam di sekolah demi menuntaskan laporan pertanggungjawaban (LPJ) keuangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku pernah menemui sejumlah guru bersama kepala sekolah masih berada di sekolah hingga larut malam. Semula, para pendidik itu dikira tengah menciptakan bahan pengajaran untuk penerima didik. Namun ternyata bukan.

“Ada sekolah, suatu malam saya cek eksklusif ada sekolah malam-malam masih terperinci benderang. Ini apa jam 12.00 (malam) saya datangi. Kepala sekolah dan guru guru ini niscaya menyiapkan acara berguru mengajar, (begitu) pikiran saya,” ujar Presiden Jokowi dikala sarasehan Pengelolaan Dana Desa se-Jawa Tengah di Gedung PRPP Semarang, Kamis (22/11/2018).

“Saya tanya ke kepala sekolah ke guru, Bapak/Ibu ini gres mengerjakan apa? Kaget mereka,” tanya Jokowi kala itu, tanpa menyebut lokasi sekolah yang didatangi.


“Pak kami gres menuntaskan SPJ (maksudnya LPJ, red),” tambah Jokowi, menirukan tanggapan kepala sekolah beserta guru-guru.

“Ternyata bahwa pekerjaan hingga malam-malam, lembur-lembur itu tidak menyiapkan acara berguru mengajar anak, tapi menuntaskan SPJ,” tandas Jokowi lagi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengatakan, kondisi serupa juga terjadi di dinas lainnya. LPJ menjadi pekerjaan yang menyita banyak waktu dan tenaga. “Datang ke Dinas PU, persis menyerupai itu (lembur),” tukas dia.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyederhanakan sistem pelaporan pertangganggungjawaban semoga tak membebani masyarakat. Termasuk pada Dana Desa yang pengelolaannya diserahkan kepada desa dengan sumber daya insan setempat.

“Akhirnya saya perintahkan Menteri Keuangan, bergotong-royong laporan SPJ ini ada berapa sih yang harus dibentuk hingga kita ini harus lembur hingga malam-malam. ‘Bu jangan dibentuk serumit ini,” tukas Jokowi.

“Berkaitan dengan undang-undang yang ruwet juga, yang urusan perizinan ini harus disederhanakan. Sehingga dunia perjuangan investasi itu betul-betul bergerak untuk menanamkan modalnya, mudah urus izin, cepat mengurus izin,” tandasnya.

Sumber:okezone.com

Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa memperlihatkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait