Cerita Sri Mulyani Berguru Mengelola Apbn Dari Menkeu Australia


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaksanakan kunjungan ke Australia. Saat di Canberra, beliau mengenang saat-saat berguru mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dia menuturkan, dikala gres pertama kali menjadi Menkeu, beliau mengajak beberapa pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke Australia untuk berguru bagaimana mengelola keuangan negara dengan baik dan transparan.

"Kami berguru dari sisi proses bisnis, organisasi dan tata kelolanya semoga sanggup sesuai dengan standar yang berlaku di dunia," kata Menkeu di KBRI Canberra, dikutip dari laman Instagram pribadinya @smindrawati, Minggu (4/11/2018).

Dia mengatakan, studi tersebut dilakukan alasannya yaitu Indonesia gres saja mengesahkan Undang-Undang (UU) Nomor 17 tahun 2003 wacana Keuangan Negara. Aturan tersebut menjadi dasar bagi penyusunan APBN sampai dikala ini.

"Saya tidak aib untuk berguru dari negara lain yang sudah maju. Kita sanggup berguru banyak dari negara lain yang sudah berpengalaman. Saat itu saya banyak bertanya pada Menteri Keuangan Australia Peter Costello," katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap hubungan Indonesia dan Australia sebagai negara tetangga akan semakin dekat ke depan. Apalagi, dikala ini kedua negara hidup di daerah yang kondusif dan hening secara geopolitik.

"Kita tidak sanggup menentukan negara mana yang menjadi tetangga kita, tapi kita sanggup menentukan untuk saling meningkatkan hubungan dengan baik sehingga menawarkan laba bagi kedua negara," ucapnya. [inews.id]

Artikel Terkait