Di Pasar Pekalongan, Joko Widodo Dan Iriana Beli Batik Untuk Cucu


Presiden Jokowi meninjau Pasar Grosir Setono, Pekalongan, Jawa Tengah. Ditemani Ibu Negara Iriana, Jokowi membeli batik untuk cucunya.

Jokowi datang di Pasar Grosir Setono, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pukul 16.36 WIB, Kamis (22/11/2018). Kehadiran dan Iriana Jokowi disambut antusias oleh warga.

Banyak warga yang berdesakan untuk mendekat biar sanggup bersalaman dengan Jokowi. Akibatnya, untuk masuk ke dalam pasar saja Jokowi membutuhkan waktu.

Sambil terus diikuti warga, Jokowi masuk ke beberapa toko. Dia melihat-lihat koleksi batik yang dijajakan.

Di salah satu toko, Jokowi dan Iriana melihat pakain batik ukuran anak-anak. Jokowi mengaku ingin membelikan untuk cucunya, Jan Etehs dan Sedah Mirah.

"Ini buat cucu," kata Jokowi.

Saat ditanya berapa harga batik tersebut, Jokowi sempat berkelakar. "Mahal ini," kata Jokowi.

"Rp 100 (ribu) sanggup tiga," imbuh Iriana.

"Ya murah banget toh," sambung Jokowi tertawa.

Pedagang toko tersebut lalu mempersilakan Jokowi dan Iriana menentukan dagangannya. Dia akan memberinya dengan gratis, namun ditolak oleh Jokowi dan Iriana.

"Monggo milih Bu, gratis, nggak usah bayar," kata pedagang.

"Jangan," kata Iriana tertawa.

Jokowi mengaku bahagia dengan batik-batik yang dijajakan. "Bagus-bagus semua, motifnya juga bagus-bagus semua," katanya.

Tak hanya di toko itu, Jokowi juga mampir ke Toko Dahliya. Jokowi melirik salah satu batik yang dipajang paling depan di toko itu. Jokowi memutuskan untuk membeli kemeja batik lengan panjang berwarna cokelat.

Monalisa, pedagang batik tersebut menyampaikan batik yang dipilih Jokowi merupakan motif yang ia sebut 'motif Jokowi'.

"Nggak sia-sia taktik saya masang batik Jokowi. Alhamdulillah. Pas ia ngambil yang motifnya Jokowi. Saya sudah nebak, niscaya ukurannya M. Dia pribadi ngambil," katanya.

Batik yang dibeli Jokowi itu seharga Rp 375 ribu. Namun Jokowi membayar sebesar Rp 400 ribu.

"Senang sekali saya. Bapak tadi beli kemeja motif Jokowi. Harganya Rp 375 ribu, bayarnya Rp 400 ribu. Alhamdulillah, senangnya," kata Aulia.

Saat ditanya wartawan, Monalisa menjelaskan batik 'motif Jokowi' yang ia maksud. Batik itu tidak bertuliskan nama ataupun wajah Jokowi, melainkan ada motif yang aksennya identik dengan batik yang sering digunakan Jokowi.

"Kan Bapak suka pakai motif batik corak warna cokelat begitu. Seperti ada motif bunga ada atau burung begitu," kata Monalisa. [detik.com]

Artikel Terkait