Gaji Guru Diusulkan Naik Jadi Rp20 Juta, Sri Mulyani: Hitung Saja Anggarannya


Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno menilai, untuk mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia honor guru harus naik menjadi Rp20 juta.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, intinya setiap pihak mempunyai cita-cita untuk memperbaki kualitas pendidikan, hal tersebut memang dihargai. Namun, tentunya wangsit dari pasangan calon nomor urut 02 tersebut harus dilakukan perhitungan terlebih dahulu.

"Kalau ada wangsit dari salah satu pihak untuk menaikkan, tentu tinggal dihitung saja dari sisi anggaran," katanya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Dia menjelaskan, anggaran pendidikan sebesar Rp492 triliun pada 2019. Maka dari anggaran tersebut perlu dilakukan pengitungan untuk honor dan pinjaman profesi guru, serta dana lainnya yang dialokasikan ke kawasan menyerupai dana BOS yang bahkan sudah mencapai Rp117 triliun.

"Kalau ada ide, ya ada baiknya dihitung, berapa jumlah guru, berapa jumlah anggarannya, dan apakah kebutuhan anggaran itu akan dipenuhi dari sumber mana," terang dia. [okezone.com]

Artikel Terkait