Jokowi Tinjau Proyek Rehabilitasi Kompleks Kesultanan Banten

Foto: iNews.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Kompleks Kesultanan Banten Lama di Jalan Banten Lama, Serang, Banten, Sabtu (3/11/2018). Kedatangi Jokowi untuk meninjau proses rehabilitasi yang ketika ini masih berlangsung di tempat tersebut.

Jokowi tiba di lokasi pukul 15.31 WIB didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Ikut juga mendampingi, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah dan keturunan Kesultanan Banten.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, masyarakat mengapresiasi atas kedatangan calon presiden (capres) incumbent itu. "Menyambut kepala negara menengok Banten Lama kami sebagai masyarakat Banten merasa bergembira," ujar Asep di Banten, Sabtu (3/11/2018).

Dia berharap Jokowi menunjukkan sumbangan revitalisasi dan pembangunan daerah Banten Lama. Selain itu pemerintah sentra juga diperlukan membantu anggaran Banten melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau sanggup ditunjang APBN supaya Kesultanan Banten ini sanggup dijual secara nasional dan internasional supaya pariwisata di sini sanggup berkembang. Kenapa? Banten ibu kota di Serang, alasannya ada sejarah Kesultanan Banten," ucapnya.

Sementara itu Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, anggaran rehabilitasi Kompleks Kesultanan Banten tahap ini sebesar Rp60 miliar yang terdiri dari beberapa proyek pengerjaan.

"Kanalisasi 4 km, 30 meter pembangunan pasar. Ada standardisasi, ada pengkajian Islam kitab Syekh Nawawi untuk membagikan revolusi Islam di Banten. Rumah debus, tafiz, pemugaran rumah para sultan dulu," ungkap Wahidin. [inews.id]

Artikel Terkait