Ketum (Pb Pgri), Didi Suprijadi: Honor Guru Di Sekolah Negeri Dengan Sekolah Swasta Sangatlah Berbeda Jauh, Solusinya?

Info Pemerintah - Ketimpangan besaran honor guru masih menjadi duduk perkara yang belum terselesaikan.
Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Didi Suprijadi menjelaskan, honor guru di sekolah negeri dengan sekolah swasta sangatlah berbeda jauh. 

Salah satunya honor guru di Sekolah Menengah kejuruan swasta jauh di bawah upah minimum regional (UMR). Berbeda dengan honor guru Sekolah Menengah kejuruan negeri yang gajinya hingga belasan juta rupiah per bulan. 

"Ini jomplang dan dari kesejahteran honor guru negeri Rp10 juta hingga Rp13 juta, tapi di swasta, mohon maaf paling Rp2 juta per bulan," ungkapnya dalam diskusi bertajuk ' Vokasi dan Ironi Pendidikan di Era Milenial' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

Nah, ketimpangan besaran honor guru itulah yang menurutnya menjadikan kualitas lulusan Sekolah Menengah kejuruan swasta dipertanyakan. 


"Artinya kalau ada guru swasta kesejahteraan sangat berbeda. Kalau nnati aoutputnya agak kurang diterima, mari kita sama-sama cek, bahwa ada persoalan," ujarnya.

Dunia industri pun kurang minat dengan mereka. Menurutnya hal ini sebagai salah satu penyumbang tingginya angka pengangguran di negeri ini. 

"Lulusan Sekolah Menengah kejuruan negeri secara kasat mata,  akan lebih baik, walaupun tidak semua, akan lebih manis dari pada lulusan Sekolah Menengah kejuruan swasta," jelasnya.

Parahnya lagi, lanjutnya, ketimpangan tidak hanya pada gaji. Jumlah antara Sekolah Menengah kejuruan swasta malah jauh lebih banyak jikalau dibandingkan dengan Sekolah Menengah kejuruan negeri. 

"Kita ambil teladan DKI, Sekolah Menengah kejuruan negeri hanya 63 sekolah dan Sekolah Menengah kejuruan swasta hampir 500-an," bebernya. 

Sumber : politik.rmol.co

Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa menawarkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda biar informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait