Persiapan Mrt, Presiden: Beberapa Bulan Lagi, Beroperasi Di Jakarta


Presiden Jokowi menyoroti soal persiapan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Dalam waktu dekat, moda transportasi gres tersebut akan beroperasi.

"Beberapa bulan lagi, moda transportasi gres beroperasi di Jakarta: Moda Raya Terpadu, kereta rel listrik yang melewati jalur bawah tanah dan jalur layang di ibu kota," ujar Presiden dalam sebuah postingan di Twitter, Rabu (21/11/2018).

Dengan adanya MRT, lanjut Presiden akan menghadirkan budaya gres berkendaraan umum bagi warga yang tinggal atau tengah berkunjung ke Jakarta.

Sebelumnya, secara berkelanjutan Presiden menyidik perkembangan MRT. Targetnya, MRT Jakarta akan beroperasi pada pertengahan Maret 2019. Kini pembangunan MRT mencapai 97%, sehingga secara matematis tinggal 3% lagi.

Soal tarif, MRT fase I dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Stasiun Lebak Bulus tidak akan lebih dari Rp10.000. Bahkan, Kepala Negara menyebut tarif moda transportasi berbasis rel itu di kisaran antara Rp8.000 sampai Rp9.000.

Sekadar diketahui, Presiden telah mencoba memakai moda transportasi berbasis rel ini dengan kecepatan 60 km per jam, dari Stasiun Bundaran HI sampai Depo Stasiun Lebak Bulus.

Menurut dia, kesannya cukup memuaskan. Uji coba ini akan terus dilakukan untuk memastikan kesiapannya. "Suaranya sanggup dikatakan tidak ada bising. Tidak terdengar dan treatment sangat manis sekali sekarang," ucap dia. [okezone.com]

Artikel Terkait