Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Buka Rakernas Mui Di Raja Ampat


Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Rencananya, acara tersebut akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Persiapan sudah cukup matang. Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Raja Ampat selaku tuan rumah sudah tuntas," kata Ketua Panitia Daerah Rakernas MUI, Mugiyono di Manokwari, Senin (12/11/2018).

Selain Jokowi, acara yang laksanakan pada 22 sampai 24 November 2018 tersebut akan dihadiri Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum MUI Pusat. Menurutnya, rakernas ini menjadi yang pertama dilaksanakan di luar ibu kota negara. Pada Rakernas sebelumnya selalu digelar di Jakarta. Pemerintah Provinsi Papua Barat memberi pinjaman cukup besar terhadap acara tersebut.

"Bapak Gubernur akan memperlihatkan pinjaman baik daerah maupun anggaran yang dialokasikan melalui APBD Perubahan," ujar Mugiyono.

Terkait kehadiran Presiden, lanjut Mugiyono, MUI dan panitia telah berkoordinasi dengan Menteri Sekretaris Negara. Sedangkan Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum MUI dipastikan hadir jika tak ada halangan.

Mugiyono, yang juga Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebut, selain panitia lokal juga ada panitia nasional yang dibuat pengurus MUI pusat. Ia optimistis Rakernas MUI di Raja Ampat berjalan lancar.

Rakernas MUI ini akan dihadiri perwakilan MUI provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Peserta yang akan hadir diperkirakan lebih dari 300 orang. Sejumlah rangkaian acara akan memeriahkan rakernas, antara lain ekspo shalawat, pencanangan pembangunan kantor MUI, peluncuran wisata halal, dan penandatanganan prasasti sejarah masuknya Islam di Papua Barat.

"Bupati Raja Ampat juga menginginkan ada penandatanganan prasasti pembangunan Masjid Agung Waisai. Panitia terus melaksanakan persiapan. Kita harapkan ajang nasional ini berjalan kondusif dan lancar," tandasnya. [okezone.com]

Artikel Terkait