Pose Ketika Paddling, Ini Dongeng Pertemanan Susi Dan Eks Anak Buah Obama





Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya sahabat erat yang dikenalnya semenjak 2015. Namanya Jane Lubchenco.

Pertemuan Susi dan Jane diceritakan oleh ajun Susi, Fika Fawzia melalui akun Instagram-nya @ffawzia07. Fika menceritakan, Jane yaitu Administrator NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) sebuah forum ilmiah di bawah Kementerian Perdagangan AS pada periode pertama pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Susi bertemu Jane ketika kunjungan kerja ke AS pada 2015 silam. Di Instagram, Fika mengatakan, tak butuh waktu usang keduanya jadi akrab.

Apalagi, ketika Susi bercerita wacana nelayan yang unjuk rasa atas keputusannya yang tidak populer.

"Oh, Ibu. Saya tahu persis rasanya," kata Jane menyerupai ditulis Fika.

Sejak ketika itu, korelasi keduanya semakin akrab. Terlebih, mereka berada di pucuk pimpinan forum yang mengatur kebijakan wacana bahari dan perikanan di masing-masing negara.

Di sela-sela gelaran Our Ocean Conference (OCC) 2018 beberapa waktu lalu, Susi mengundang Jane untuk pertama kali bermain paddling. Jane sempat jatuh beberapa kali.

"Sempat jatuh sekali dua kali, sebab saya pun di sampingnya, namun kaki orang bahari tidak akan pernah dapat berbohong dan pada kesannya menawarkan pijakan yang dibutuhkannya. Begitu halnya, pijakan iman seorang sahabat yang satu visi dan satu nilai dalam mengerjakan tugasnya," tulis Fika. [detik.com]

Artikel Terkait