Singgung Tokoh Suka Marah-Marah, Joko Widodo Tepis Sindir Prabowo

Foto: Okezone

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya tokoh yang dinilai tegas namun kerap marah-marah. Hal itu disampaikannya ketika menunjukkan isyarat dalam program pembekalan para calon anggota legislatif (caleg) dewan perwakilan rakyat RI dari Partai Hanura.

Menurut Jokowi, ucapannya itu tak ada maksud untuk mengarah kepada tokoh tertentu. Ia hanya menginginkan ketegasan seorang pemimpin tak perlu diikuti dengan amarahnya ketika berhadapan dengan masyarakat.

Ia pun mencontohkan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam hal ini.

"Ya aku tadi menunjukkan tumpuan Pak Oesman Sapta. Oesman Sapta itu tegas tapi tidak marah-marah," ucap Jokowi usai program yang digelar di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/11/2018).

"Karena, bila kita mendekati rakyat dan marah-marah, tujuan kita tidak tercapai, ya gitu saja. Tadi aku memberikan konteks Pak Oesman Sapta," imbuhnya.

Bahkan, Jokowi kembali menegaskan, pidatonya tersebut bukan bermaksud menyindir pesaingnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Menurutnya, seorang pemimpin sudah sepatutnya bersahabat dengan rakyat dan harus andal dalam berkomunikasi, bukan marah-marah.

"Berkomunikasi dengan rakyat, mendengar aspirasi rakyat. Itu saja. Pentingnya berkomunikasi dengan rakyat. Pak Oso kan tadi jelas, kelihatan Tegas, tapi enggak pakai marah-marah," tegas Jokowi.

Sebelumnya, dalam sambutan Jokowi menyinggung adanya tokoh yang dinilai tegas namun kerap marah-marah. Awalnya, Jokowi memuji gaya bicara Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta ketika menunjukkan sambutan di depan kader-kadernya.

Menurut Jokowi, Oso yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu terlihat tegas, tetapi tak pernah melontarkan amarahnya.

"Ketua Umum Hanura ini tegas. Dari sambutannya tegas. Tapi aku tak tahu bila pas tidak ada saya, dapat lebih tegas lagi atau jangan-jangan halus. Tapi aku yakin sama juga niscaya tegas," ujar Jokowi di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara.

"Yang aku bahagia tegas tapi tak suka marah-marah. Karena ada yang bilangnya tegas tapi suka marah-marah, ada," imbuh Jokowi disambut gelak tawa dan tepuk tangan. [okezone.com]

Artikel Terkait