Fkppi Temui Joko Widodo Di Istana, Undang Jambore Bela Negara


Pengurus Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. Mereka meminta Jokowi untuk hadir dalam Jambore Bela Negara yang diadakan FKPPI.

Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018). Ketua Umum FKPPI Ponco Sutowo mengatakan, pihaknya meminta Jokowi untuk hadir dalam Jambore Bela Negara yang akan diadakan pada 7-9 Desember 2018 di Bumi Perkemahan Ragunan, Jaksel.

"Tadi bicara Jambore Bela Negara. Bela Negara yaitu satu perilaku yang harus dimiliki oleh setiap warganya. Karena kokoh, lemahnya suatu bangsa tergantung perilaku dari rakyatnya. Oleh alasannya yaitu itu perilaku bela negara sebagai akad warga negara harus terbangun," kata Ponco usai pertemuan.

Dia mengatakan, jambore yang diadakan merupakan upaya dalam rangka menyadarkan bahwa dilema bela negara itu tidak cukup dengan pengetahuan belaka. Harus menjadi perilaku dasar, mental dari setiap warga negara.

"Untuk itu tidak cukup hanya dengan ada UU. Perlu diorganize. Harus dikonstruksi secara sosial dan politik. Bahwa bela negara itu menjadi perilaku dasar kita. Dalam konteks itulah pada tempatnya FKPPI, Bapak Presiden untuk ikut mendorong upaya perilaku bela negara ini yang perlu kita tingkatkan," katanya.

Dia juga mengatakan, menurut data yang beliau sanggup dari Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas)bahwa semangat bela negara di masyarakat menurun. Dia juga mengatakan, tantangan yang dihadapi ketika ini bukan hanya dalam bentuk militer.

"Tantangan-tangan dalam bentuk militer jauh lebih dahsyat, jauh lebih mematikan dibanding tantangan militer. Oleh alasannya yaitu itu tugas serta masyarakat menjadi sangat vital harus muncul di mana-mana gitu. Kalau barang kali setiap hari kita sering ikuti dilema kontestasi politik Si A, dan Si B, aku kira seperti hal ini hilang, tapi siapapun dalam soal ini, semua orang harus punya semangat bela negara yang tinggi," jelasnya.

Ponco mengatakan, dalam pertemuan itu Presiden Jokowi menyampaikan akan berusaha untuk hadir ke Jambore Bela Negara FKPPI itu. "Kehadiran presiden, yang waktunya sangat sibuk, sangat besar artinya untuk menambah semangat daerah-daerah," kata Ponco.

Hadir dalam pertemuan itu Pengurus Pusat FKPPI lainnya, di antaranya Bambang Soestyo yang juga menjabat Ketua dewan perwakilan rakyat RI dan Prasetio Edi Marsudi yang juga merupakan Ketua DPRD DKI Jakarta. [detik.com]

Artikel Terkait