Ini Cara Kiai Ma'ruf Amin Hadapi Haters


Calon Wapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan sejumlah anak muda milenial yang berbincang santai dengannya di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Salah satu yang dijawabnya ialah dikala seorang wanita muda, yang tergabung dalam Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf Amin (Remaja), menanyakan cara sang kiai menghadapi pembenci, alias haters.

Jawab Kiai Ma'ruf, ulama tugasnya ialah memimpin ummat. Dan ummat itu, ada yang santun, usil, dan ada juga yang galak.

"Karena itu, kita harus dapat merespons dengan baik. Karena ulama itu pengikut Nabi Muhammad SAW. Nabi itu santun. Dan santun itu rahmat. Makara walaupun dia (Nabi) marah, dihentikan ditunjukkan amrah-marah," ujar Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf kemudian mengutip sebuah cerita di Alquran. Ceritanya, Nabi Harun dan Nabi Musa, oleh Allah SWT, diminta menasihati Raja Firaun dari Mesir. Untuk diketahui, Firaun itu bandit sekali, mengaku sebagai tuhan.

"Kata Allah, katakan kepada Firaun itu, wahai Musa dan Harun, dengan ucapan yang santun," kata Kiai Ma'ruf.

"Jadi orang kayak gitu (Firaun) saja harus disikapi santun. Apalagi haters yang mengkritik, nyinyir. Ulama itu sabar, santun, dan menanggapi dengan senyum saja," tambah Pendiri Ponpes An Nawawi Tanara Banten itu. [okezone.com]

Artikel Terkait