Ini Fakta Tol Aceh Yang Pembangunannya Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Ilustrasi: Foto Okezone

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan jalan tol Sigli (Kabupaten Pidie) - Banda Aceh pada Jumat (14/12/2018). Proyek tol Aceh ruas mempunyai panjang 74,2 kilometer.

"Menyatakan siap menyambut Presiden RI di Aceh pada tanggal 13-14 Desember untuk groundbreaking jalan tol dan pelantikan beberapa proyek di Aceh," tulis Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dikutip Antara, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Pemerintah Aceh sebelumnya telah berulang kali mengagendakan peletakan kerikil pertama dilakukan Presiden Joko Widodo, sehingga proyek jalan tol Sigli-Banda Aceh tersebut segera dikerjakan.

Pasalnya, pada Agustus lalu, groundbreaking atau pemancangan tiang pertama belum dilakukan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama PT Hutama Karya selaku kontraktor berkomitmen untuk mengerjakan pembangunan tol tersebut. Pembebasan tanah yang belum tuntas, menjadi alasan belum dilakukannya groundbreaking atau pemancangan tiang pertama dari Agustus lalu.

Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu proyek strategis nasional sampai ke Lampung. Selain Banda Aceh - Sigli, pembangunan jalan tol juga akan dilakukan pada ruas Sigli - Lhokseumawe, Lhokseumawe - Langsa dan Langsa - Binjai.

Peletakan kerikil pertama ruas tol di Aceh akan di padukan dengan program penandatanganan pelantikan jalan layang atau fly over serta pelantikan Mesjid Attaqarub Pidie Jaya dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun. [okezone.com]

Artikel Terkait