Jokowi: Bakauheni-Aceh Tersambung Tol 2024


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa jalan tol Trans Sumateradari Bakauheni-Aceh bakal nyambung di tahun 2024.

Hal itu diungkapkan pada ketika meninjau progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km.

"Kalau Trans Sumatera asumsi kita, Aceh sudah mau mulai tembus dari barat, dari timur juga dimulai, kemudian ketemu di tengah. Hitung-hitungan tadi gres saja dengan Menteri PU mungkin 2024 Insyaallah (nyambung)," kata Jokowi di Lampung, Jumat (23/11/2018).

Jokowi menyebut, tersambungnya Trans Sumatera hingga Aceh alasannya progres pembangunan tol dari Bakauheni-Palembang dapat dirampungkan pada Juni 2019. Sedangkan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar rampung pada Desember 2018.

"Kita harapkan ini jikalau yang ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini, kemudian yang hingga Palembang akan diselesaikan pertengahan 2019," terang dia.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pembebasan lahan proyek jalan tol di Aceh sudah cukup besar dan siap dibangun.

"Aceh kita sudah punya dari 74 km sudah punya tanah 21 km. BPJT-nya juga sudah ada jadi setiap ketika bapak berkunjung ke Aceh kita dapat groundbreaking," kata Basuki.

Jika sudah dilakukan groundbreaking, kata Basuki, maka pembangunan jalan tol di Aceh pun akan menyambung jalur yang sudah dibangun dari Bakauheni.

"Mudah-mudahan 2024 dapat nyambung jikalau yang tol Sumatera. Sehingga pada tahun simpulan 2019 di Sumatera ini ada ada 575 km jalan tol. Makara sasaran kita 1.880 km dapat tercapai," kata Basuki. [detik.com]

Artikel Terkait