Jokowi Sarankan Nyak Sandang Umrah Bukan Haji Alasannya Yakni Alasan Kesehatan


Presiden Jokowi kembali bertemu dengan penyumbang uang pesawat RI pertama, Nyak Sandang. Pertemuan ini ialah pertemuan kedua mereka sehabis pertemuan pertama terselenggara di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Maret lalu.

Dalam pertemuan itu, Nyak Sandang sempat meminta Jokowi untuk naik Haji. Namun, Jokowi khawatir dengan kesehatan Nyak Sandang apabila ia berangkat Haji. Selain itu, faktor usia juga menjadi pertimbangan Jokowi untuk memberangkatkan Nyak Sandang ke Tanah Suci.

"Naik Haji kan jauh sekali jika naik Haji. Nanti tawaf, nanti syai, apa anu, Bapak masih kuat?" tanya Jokowi di Lanud Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh, Jumat (14/12).

"Kuat, kuat," jawab Khaidar, anak ketujuh Nyak Sandang.

Jokowi kemudian memperlihatkan biar Nyak Sandang pergi umrah saja. Tetapi, sepertinya Nyak Sandang tetap berkukuh ingin berangkat pergi Haji.

"Naik Haji kan penuh sekali, berdesak-desakan. Apa umrah? Umrah lebih praktis ngaturnya. Kalau naik haji padat. jutaan orang," ucap Jokowi.

Khaidar menjelaskan, tiap hari Nyak Sandang selalu menanyakan kapan dirinya naik haji. Kemudian Jokowi meminta asisten ajudannya untuk memberangkatkan Nyak Sandang umrah.

Saat Jokowi sedang memerintahkan asisten ajudannya, Nyak Sandang tiba-tiba menuturkan akan membawa lima orang untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Siapa lima orang? tanya Jokowi kaget.

"Anak saya. Kalau saya bawa satu, yang satu marah," beber Nyak Sandang.

Jokowi kemudian kembali meminta asistennya untuk mencatat nomor telepon keluarga Nyak Sandang. Sebelumnya, pada pertemuan perrama ketika itu, Nyak Sandang mengaku ditawari untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci, Makkah.

"Senang bertemu Pak Jokowi. Tadi Pak Jokowi mengajak ke Tanah Suci. Akan membawa ke Tanah Suci lima orang," ucap Nyak Sandang, di Iokasi, Rabu (21/3).

Nyak Sandang mengaku tak menyangka dapat bertemu dengan Jokowi secara langsung. Dia juga menyebut, selain ditawari pergi ke Makkah, Nyak Sandang juga akan diberi akomodasi pengobatan mata. Mengingat ia ketika ini mengalami katarak. [kumparan.com]

Artikel Terkait