Presiden Joko Widodo Resmikan Museum Islam Indonesia Kh Hasyim Asy'ari Di Jombang


Presiden Joko Widodo meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari di Jombang, Jawa Timur. Sebelum itu, Jokowi menyempatkan diri untuk berziarah ke makam mantan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahidatau Gus Dur.

Di makam Gus Dur, Presiden Jokowi beserta rombongan menyempatkan diri untuk berdoa. Setelah itu, dia pribadi bertolak ke museum.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, KH Hasyim Asy'ari merupakan tokoh besar Islam. Ketokohan KH Hasyim Asy'ari ini telah membawa masuknya Islam ke nusantara dengan cara yang damai.

"Saat aku menandatangani Keputusan Presiden 22 oktober sebagai Hari Santri Nasional, aku membayangkan apa yang sedang dipikirkan dia KH Hasyim Asy'ari ini di tahun 1945. Saya membayangkan betapa besarnya semangat usaha dia dan rasa cintanya beserta ulama kepada tanah air kita Indonesia," kata Jokowi di lokasi, Selasa (18/12).

Jokowi menambahkan, keteguhan hati KH Hasyim Asy'ari mendeklarasikan perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia sebagai jihad flisabilillah, jihad di jalan Allah.

Untuk itu, keberadaan museum ini dianggap sebagai pengingat bagi usaha para pendahulu, ulama dan santri dalam memperjuangkan Islam dan kemerdekaan Indonesia.

Eks Wali Kota Solo ini menyebut Islam berkembang di Indonesia dengan dialog, dengan kebudayaan dan dengan damai. Pesantren pun sudah semenjak usang turut aktif mencerdaskan bangsa.

"Di museum ini, kita diingatkan wacana kejayaan Islam. Mulai dari Aceh hingga Maluku. Aset terbesar bangsa ini ialah persatuan, kerukunan dan persaudaraan," tambahnya.

Jokowi juga mengucapkan terimakasih pada keluarga besar Pondok Pesantren Tebu Ireng yang telah banyak menawarkan bantuan yang luar biasa pada umat Islam dan Indonesia.

"Dengan mengucapkan bismillah, aku resmikan museum ini," tutupnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Jombang ini, Presiden Jokowi mengunjungi empat pondok pesantren, diantaranya Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang, Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, serta Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang. [merdeka.com]

Artikel Terkait