13 Unit Of Measurement Rumah Di Pinggir Kali Bekasi Longsor, Warga Cemas

13 Unit Rumah di Pinggir Kali Bekasi Longsor, Warga CemasFoto: Isal Mawardi-detikcom

Bekasi -Sebanyak thirteen unit of measurement rumah yang berada di bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, mengalami longsor. Hal ini membuat warga lain cemas akan terjadinya longsor susulan.

"Potensi longsor ini, takut longsor lagi. Takutnya kan banjir," ujar Wardi, warga setempat di RT 05/RW 04, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, Rabu (2/1/2019).

Longsor terjadi pada Selasa (1/1) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Rumah kontrakan Wardi juga merupakan salah satu yang terdampak. Akibat kejadian ini, Wardi kehilangan pengontrak.

"Gara-gara longsor ini penghuni banyak yang keluar. five penghuni keluar dari vii (pengontrak). Karena pada takut," ujar Wardi.

Di pinggir kali terdapat banyak sampahDi pinggir kali terdapat banyak sampah Foto: Isal Mawardi-detikcom


Wardi mengatakan beberapa dinding kontrakannya retak. "Udah puluhan juta (kerugian)," ujar Wardi.

Wardi bercerita, dirinya bersama warga lainnya telah beberapa kali mencari solusi untuk mengatasi longsor. Namun, air terus meluap dan 'menelan' tanah yang semula ada di belakang kontrakannya.

"Dulu ada penanggulan (menggunakan) batu kali, disusun, udah gak kuat. Terus dulu juga (pasang) beribu-ribu karung (dipasang). Udah ambles lagi. Batu juga udah habis semua," ujar Wardi.

Warga lainnya, Sanin, merasa khawatir dengan adanya longsor. Ia menduga tanah longsor karena adanya kiriman air dari Bogor.

"Warga khawatir karena takut merembet kemana mana. Sebelumnya tanah sudah sempat kering memang dan dalamnya keringnya. Lalu karena ada air pasang mungkin kiriman dari Bogor akhirnya dia ikut ke bawah," ujar Sanin.

Bangunan kontrakan hancur akibat longsorBangunan kontrakan hancur akibat longsor Foto: Isal Mawardi-detikcom

Wakasatgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Karsono mengatakan longsor sepanjang l meter dengan lebar sekitar five meter.

"Di Sepanjang Jaya itu tanahnya turun sekitar ane meter ke dalam. Karena itu samping bibir sungai Kali Bekasi. thirteen KK terdampak," ujar Karsono ketika dihubungi.

Pantauan detikcom, lokasi longsor berada di RT 05/RW 04, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, persis di samping Kali Bekasi. Terlihat tanah di bekakang kontrakan Wardi ambles.

Tampak pohon-pohon pisang mengambang di Kali. Bangunan-bangunan tak berpenghuni tampak roboh.



Sumber detik.com

Artikel Terkait