8 Fakta Habib Luthfi Yang Marah Diteriaki 2019 Ganti Presiden

8 Fakta Habib Luthfi yang Marah Diteriaki 2019 Ganti PresidenHabib Luthfi (Harviyan Perdana Putra/Antara Foto)

Jakarta -

Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali Yahya atau Habib Luthfi biasa berceramah dengan nada bicara yang teduh, tidak berapi-api. Dia mengaku sangat mengidolakan Wali Songo dalam berdakwah menyebarkan Islam di Nusantara. Berikut ini viii fakta Habib Luthfi.

1. Lahir dan Besar di Pekalongan

Habib Muhammad Luthfi bin Yahya lahir dan besar di Kota Batik, Pekalongan, pada 10 Nov 1947. Ulama karismatik yang dikenal santun dan teduh dalam ceramah-ceramahnya ini tercatat juga sebagai Ketua MUI Jawa Tengah.

2. Muslim Berpengaruh

Habib Luthfi tercatat dalam urutan ke-37 daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia edisi Oktober 2018. Peringkat tersebut dirilis Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania. Habib Luthfi termasuk tokoh yang mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Merdeka, ii Maret 2017, bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, dan Yunahar Ilyas dari Muhammadiyah.

3. Penggemar Musik Klasik

Selain menguasai ilmu-ilmu agama, Habib Luthfi mahir bermain pianoforte dan amat menggemari musik klasik. Bakat seni ini menurun dari ayahandanya yang dikenal pandai bermain biola.

Kepiawaiannya bermain pianoforte pernah diperlihatkan di hadapan Presiden Joko Widodo dalam acara Festival Sholawat Nusantara Piala Presiden di Sentul, Bogor, pada 24 Februari 2018. Waktu itu Habib Luthfi mengiringi Sharla Martiza menyanyikan lagu 'Padang Bulan'.



4. Bersahabat dengan Jokowi dan SBY

Habib Luthfi bin Yahya mengaku sudah mengenal Jokowi jauh sebelum menjadi presiden, tepatnya saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Ia mengungkapkan hal itu saat menerima kunjungan Jokowi di gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan, viii Januari 2017.

Pada Juni 2017, giliran Jokowi yang mengundang Habib Luthfi berceramah dalam acara Nuzulul Quran di Istana Negara. Kedekatan dengan Jokowi juga terlihat saat Habib Luthfi menghadiri Festival Sholawat Piala Presiden pada 24 Februari 2018. Di sini, Jokowi terlihat menggenggam tangan Habib Luthfi dan Ketua MUI KH Ma'ruf Amien, yang kemudian menjadi pasangannya sebagai calon wakil presiden.

Selain dengan Presiden Jokowi, Habib Luthfi mengaku dekat dengan Presiden RI periode 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di kediaman Habib Luthfi, detikcom melihat foto dia tengah bersalaman dengan SBY.

5. Menerima Kunjungan Prabowo-Hatta Rajasa

Bagi Habib Luthfi, setiap pemimpin dan calon pemimpin adalah putra-putri terbaik bangsa yang perlu dihormati. Siapa pun orangnya, dia menyebutnya sebagai aset bangsa. Karena itu, Habib Luthfi bersahabat dengan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, juga pernah menerima kunjungan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014.


6. Sebut NKRI Sudah Syariah

Habib Luthfi mengatakan bentuk Negara Kesatuan Republik Republic of Indonesia (NKRI) sudah concluding dan tak perlu ditambahi embel-embel 'syariah'. Salah satu indikasi NKRI sudah sesuai syariah adalah bangsa ini mengusir Belanda yang menjajah Indonesia.

"Mengusir Belanda, mengusir penjajah, bagian dari syariah. Nggak usah dikasih embel-embel 'syariah' lagi," ucapnya saat Wawancara Eksklusif yang tayang di detikcom hari ini. Wacana NKRI syariah pernah disampaikan petinggi Front Pembela Islam Rizieq Syihab.

7. Konsep Islam Nusantara

Habib Luthfi juga berbicara tentang Islam Nusantara. Menurut dia, Islam di mana pun sama. Hanya wilayah dakwah dan adat istiadatnya yang berbeda. Islam Nusantara bagi Habib Luthfi adalah sebuah cara dakwah dengan memperhatikan aspek sosiologi dan antropologi seperti pernah dilakukan Wali Songo, seperti Sunan Kudus.

8. Haul dan Teriakan '2019 Ganti Presiden'

Beredar video Habib Luthfi bin Yahya memarahi sekelompok orang yang berteriak 2019 ganti presiden dalam acara Haul Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi di Solo, Minggu (30/12/2018). Video itu viral di media sosial.

Karena teriakan itu dinilai mengotori kesakralan acara haul, Habib Luthfi menegur mereka. "Haul adalah haul, bukan yang lain. Dapat upah berapa kalian? Jangan kotori haul ini! Jangan kotori haul ini!" kata Habib Luthfi dalam video berdurasi 33 detik itu.



Sumber detik.com

Artikel Terkait