Antasari: Jokowi-Ma'ruf Sama-Sama Mumpuni


Eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menyebut calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memahami betul bahan debat perdana. Penguasaan Jokowi perihal warta Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, aturan dan terorisme tak perlu diragukan.

Menurut dia, Jokowi merupakan praktisi penyelenggara negara. Begitu pula dengan kualitas calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin.

"Kenapa ragu dengan beliau? (Ma'ruf) Tidak harus di pemerintahan (untuk paham)," kata Antasari di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Januari 2019.

Baik Jokowi maupun Ma'ruf, dianggap punya kapasitas dan pengetahuan mumpuni soal warta debat. Misalnya, mengenai penanganan korupsi yang optimal, ditandai dengan penangkapan banyak koruptor. Antasari membuatkan pandangan mengenai warta debat. Misalnya terkait masalah Novel Baswedan yang akan dimainkan kompetitor. Jokowis terang menegaskan posisinya, tidak melaksanakan intervensi.

Penanganan masalah itu, kata Antasari, diserahkan ke kepolisian. Adapun terkait lamanya pengungkapan kasus, hal itu sangat tergantung dengan komponen pengusutan, contohnya terkait bukti.

"Masih berjalan dan belum selesai. Saya saja 8 tahun (berproses) kok. Masalah aku sudah selesai?" kata Antasari.

Ia yakin, ke depan masalah itu akan selesai, bersamaan dengan perbaikan di bidang penegakan hukum. Keyakinan tersebut didasari pemahaman Antasari atas langsung Jokowi.

"Karena gini, ia itu orang baik. Beliau concern dengan masalah korupsi dan ia ingin keadilan itu ada," tandasnya. [medcom.id]

Artikel Terkait