Bawaslu Dengar Jawaban Kpu Atas Laporan Oso Hari Ini

Bawaslu Dengar Jawaban KPU atas Laporan OSO Hari IniRatna Dewi (Yulida M/detikcom)

Jakarta -Bawaslu akan menggelar sidang lanjutan dugaan pelanggaran administrasi oleh KPU yang dilaporkan Oesman Sapta Odang (OSO). Sidang lanjutan ini diagendakan untuk mendengarkan jawaban KPU.

"Sidang lanjutan jam 10.00 WIB, mendengarkan jawaban KPU," ujar anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, saat dihubungi detikcom, Rabu (2/1/2019).


Diketahui, Bawaslu sebelumnya juga telah menggelar sidang dengan agenda mendengarkan pokok laporan perkara pada Jumat (28/12). Sidang tersebut dihadiri oleh OSO, yang didampingi kuasa hukumnya, Gugum Ridho Putra.

Selain itu, OSO menghadiri pemeriksaan sebagai pelapor di Bawaslu terkait namanya yang dicoret dari daftar calon tetap (DCT). Pemeriksaan ini atas gugatan keduanya terkait dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan KPU.


OSO pun menilai KPU tak independen dan salah karena tidak memasukkan namanya ke DCT DPD. Ia mempermasalahkan penerapan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang semestinya berlaku pada Pemilu 2024 selanjutnya, bukan Pemilu 2019.

"Iya (tak independen). Itu salahnya dia tidak masukkan saya (di DCT)," kata OSO setelah memberikan keterangan di Bawaslu.



Tonton juga video 'Formappi: Pencoretan OSO dari DCT Itu Tepat':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait