Bocoran Pertanyaan Debat Capres Dikritik, Kpu: Timses Ikut Sepakat

Bocoran Pertanyaan Debat Capres Dikritik, KPU: Timses Ikut SepakatKomisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi (Dwi Andayani/detikcom)

Jakarta -KPU menyebut keputusan menunjukkan kisi-kisi alias bocoran pertanyaan debat capres merupakan keputusan bersama, termasuk timses pasangan calon. Perwakilan timses capres-cawapres seharusnya mensosialisasi keputusan soal pertanyaan debat capres tersebut.

"Sebenarnya itu pecahan dari tanggung jawab tiap tim koalisi 01 dan 02 untuk mensosialisasi janji itu kepada koalisi parpolnya, kepada sesama tim kampanye dan konstituennya," ujar komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Timses paslon capres, ditegaskan Pramono, bertanggung jawab atas putusan kisi-kisi daftar pertanyaan debat capres. KPU sebelumnya merencanakan daftar pertanyaan diberikan ke paslon seminggu sebelum debat digelar pada 17 Januari.


"Itu jadi tanggung jawab mereka untuk mensosialisasikan itu, jangan membebankan itu semua ke KPU. Biar KPU yang dipukuli banyak orang, kita nggak bertanggung jawab, nggak sanggup gitu dong," kata Pramono.

"Jangan pas rapat senyam-senyum nggak protes, nggak apa, tapi di luar teriak-teriak, berdasarkan aku itu tidak bertanggung jawab," imbuh dia.

Dia meminta perwakilan timses dalam rapat juga menjelaskan alasan sampai pertimbangan keputusan tersebut. Sebab, perwakilan tersebut telah mendapat mandat resmi dari paslon.


"Menjelaskan kenapa janji ini diambil, argumennya apa, dan apa kelebihan dan kekurangannya. Itu jadi tanggung jawab masing-masing tim kampanye yang menghadiri rapat. Karena mereka tiba dalam rapat itu memakai atau mendapat mandat resmi dari paslon," sambungnya.

Bocoran pertanyaan debat capres diberikan biar tiap paslon sanggup mengedepankan gagasan dan visi-misi, sehingga tanggapan yang diberikan tidak kehilangan substansi.

"Kita ingin biar kandidat betul-betul lebih mengedepankan eksplorasi, gagasan, ide,visi, dan misinya. Makara kadang kala sifatnya impulsif itu nanti kehilangan substansinya dan lebih banyak artifisialnya," tuturnya.



Saksikan juga video 'Fix! Ini 6 Nama Panelis Debat Capres Pertama':

[Gambas:Video 20detik]



Bocoran Pertanyaan Debat Capres Dikritik, KPU: Timses Ikut Sepakat




Sumber detik.com

Artikel Terkait