Di Malioboro Bakal Ada Galeri Perencanaan, Apa Itu?

Di Malioboro Bakal Ada Galeri Perencanaan, Apa Itu?Foto: Usman Hadi/detikcom

Yogyakarta -Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak lagi bermarkas di Jalan Malioboro. Kantor berpindah ke Jalan Janti di barat gedung Jogja Expo Center (JEC).

Bekas kantor akan menjadi gallery planning atau galeri perencanaan. Nantinya galeri tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, termasuk fasilitas untuk melihat Gunung Merapi dari Malioboro.

"Iya, dibuat galeri perencanaan, gallery planning. Itu secara full kan luasannya (bekas Kantor Dispar DIY) sekitar viii ribuan meter luasan tanah," ujar Kepala Dispar DIY, Aris Riyanta, saat dihubungi detikcom, Rabu (2/1/2018).

Aris menjelaskan, pembangunan gallery planning akan dikerjakan Dinas PUP-ESDM DIY. Blueprint gallery juga sudah tersedia.

"Gambarnya sudah lengkap, DED-nya seperti apa, berapa lantai, penggunanya untuk apa ada. Mungkin kalau tanya orang PU secara lengkap ada itu," ungkapnya.

Sekda DIY, Gatot Saptadi, membenarkan rencana pembangunan gallery planning. Sebagai tahap awal, pihaknya masih merampungkan pemindahan condition lahan eks Kantor Dispar DIY yang kini masih tercatat milik Kementerian PUPR.

"Prosesnya tinggal selangkah lagi lah (lahan bekas Kantor Dispar DIY) sudah menjadi milik pemda," paparnya.

Pemda DIY, lanjut Gatot, menargetkan pembangunan gallery planning mulai dilakukan pertengahan tahun ini. Nantinya bekas Kantor Dispar DIY akan dibongkar, kemudian dibangun gedung baru yang lebih representatif.

"Konsepnya (gallery) bukan museum, semacam orang ke situ bisa melihat sejarah DIY, asal usul DIY, kemudian potensi yang ada di DIY. Banyak hal yang bisa dilihat untuk melihat sejarah, histori DIY dan ke depan mau seperti apa DIY itu," tuturnya.

Gallery planning di jantung Malioboro nantinya akan dilengkapi dengan kafe dan fasilitas lainnya. Istimewanya, galeri ini juga akan dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memudahkan pengunjung melihat Gunung Merapi dari Malioboro.

"Kalau enggak salah saya melihat desainnya itu nanti bisa melihat Merapi. Sepertinya desainnya seperti itu (bertingkat). Kalau untuk melihat Merapi indah sekali, artinya ini inovasi, sesuatu yang baru yang bisa dikelola untuk mendatangkan wisatawan," kata Gatot.

Aris Riyanta menambahkan pemindahan kantor Dispar DIY mulai dilakukan awal tahun ini. Namun secara resmi kantor baru akan mulai beroperasi pada Hari Senin (7/1/2018) mendatang.

"Saya sudah di kantor yang baru. Tapi sebagian masih ada (pegawai) yang ambil barang-barangnya (di kantor lama). Karena belum semuanya dipindah ke kantor yang baru di Kompleks JEC," ungkap Aris.

"Jadi sekarang ini masih tata-tata (peralatan di gedung baru). Insyaallah Senin sudah mulai operasional. Lokasi kantor baru diapit Kantor Satpol PP DIY dan Kantor BKPM DIY di Jalan Janti (Bantul)," pungkas dia.

Sumber detik.com

Artikel Terkait