Jokowi: Doni Monardo Sosok Pemimpin Kuat, Ada Pr Besar Di Lampung


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) masa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Letjen Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jokowi menyampaikan ada pekerjaan rumah (PR) yang besar untuk dikerjakan Doni.

Jokowi menyampaikan PR tersebut di antaranya adalah rekonstruksi dan rehabilitasi pascabencana di Lombok dan Palu. "Kemudian masih kita ada lagi pekerjaan besar di Lampung," kata Jokowi usai peresmian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Jokowi menyampaikan selain itu masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Doni. "Itu yang aku sampaikan membutuhkan administrasi yang kuat, lapangan yang kuat," katanya.

Apalagi, kata Jokowi, Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh cincin api alias 'ring of fire'. Sehingga diharapkan administrasi penanggulangan tragedi yang mumpuni.

"Perlu sebuah administrasi yang kuat, membutuhkan sebuah kepemimpinan yang besar lengan berkuasa untuk mengkonsolidasi, mengkoordinasi baik pemda, baik di pusat, baik di provinsi, baik TNI, pangdam, kodam, korem, dan kepolisian dalam rangka segera cepat dan respons terhadap tragedi yang ada," kata Jokowi.

Jokowi menilai, sosok Doni dapat diandalkan untuk hal tersebut. "Memerlukan leadership, sebuah kepemimpinan yang kuat. Dan aku melihat Pak Letnan Jenderal Doni orangnya," kata Jokowi. [detik.com]

Artikel Terkait