Jokowi Lawan Terorisme Dengan Ideologi, Prabowo Perkuat Tni-Polri

Jokowi Lawan Terorisme dengan Ideologi, Prabowo Perkuat TNI-PolriJokowi dan Prabowo Subianto di Istana Negara usai peresmian Gubernur-Wagub DKI Jakarta. Foto: Pool/Biro Setpres

Jakarta -Debat perdana Pilpres 2019 juga akan mengangkat tema wacana terorisme. Namun baik pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak banyak mengangkat informasi terorisme dalam visi-misi sampai aktivitas mereka.

Tahun kemudian dewan perwakilan rakyat telah mengesahkan UU No 5 Tahun 2018 wacana pemberantasan tindak pidana terorisme. Adapun pengertian terorisme berdasarkan undang-undang tersebut adalah:

Terorisme yaitu perbuatan yang memakai kekerasan atau bahaya kekerasan yang menjadikan suasana teror atau rasa takut secara meluas, yang sanggup menjadikan korban yang bersifat massal, dan/atau menjadikan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis, Iingkungan hidup, akomodasi publik, atau akomodasi internasional dengan motif ideologi, politik, atau gangguan keamanan.



Undang-undang yang menggantikan UU No 15 Tahun 2003 itu juga memasukkan tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mengatasi terorisme. Pasal ini sempat menuai kontroversi semenjak pembahasan sampai sehabis disahkan.

Adapun pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menitikberatkan pada penindakan aturan untuk mengatasi terorisme. Selain itu, dalam visi-misi yang dikumpulkan ke KPU, mereka juga berjanji akan mengurangi radikalisme.



Berikut kutipan visi-misi Jokowi-Ma'ruf terkait penanggulangan terorisme:

Meningkatkan upaya terpadu untuk menanggulangi terorisme, mulai dari peningkatan pemahaman ideologi negara untuk mengurangi radikalisme, pengembangan sistem pendidikan, sampai penguatan sistem penegakan aturan untuk mengatasi tindakan terorisme.

Sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga fokus pada penguatan pegawapemerintah untuk mengatasi terorisme. Mereka hanya menuliskan 1 poin terkait informasi terorisme dalam visi-misi yakni termasuk dalam aktivitas agresi politik, aturan dan hankam.

Berikut kutipan visi-misi Prabowo-Sandiaga untuk mengatasi terorisme:

Memperkuat sinergi Tentara Nasional Indonesia dan POLRI dalam pencegahan dan penanggulangan agresi terorisme.



Simak juga video 'Terungkap! Kisi-kisi Soal Debat Awalnya Diminta Kubu Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi Lawan Terorisme dengan Ideologi, Prabowo Perkuat TNI-Polri


Sumber detik.com

Artikel Terkait