Kedaikopi: 5 Nama Ini Layak Dampingi Anies Di Jakarta

KedaiKOPI: 5 Nama Ini Layak Dampingi Anies di JakartaBalai Kota DKI. Foto: Fida/detikcom

Jakarta -Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terbatas (DKT) membahas kriteria dan nama yang pantas jadi wagub DKI. Ada lima nama yang muncul dari hasil diskusi itu.

KedaiKOPI mengundang 12 panelis yang berlatar belakang akademisi, jurnalis, pengusaha, tokoh agama, pedagang, ibu rumah tangga, dan pensiunan pegawai negeri sipil dalam diskusi. Hasil DKT menyimpulkan bahwa posisi wakil gubernur Jakarta merupakan posisi penting yang harus segera diisi kekosongannya.

"Peserta DKT bersuara kompak bahwa posisi Wakil Gubernur tetap penting untuk Pemerintahan Provinsi," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo kepada wartawan, Senin (7/1/2019).


Kunto menambahkan, dari hasil diskusi, kriteria utama seorang wakil gubernur dikala ini ialah merakyat, jujur, bisa bekerja sama dengan gubernur, dan bisa melanjutkan aktivitas kerja wakil gubernur sebelumnya. "Delapan dari dua belas panelis memberikan bahwa wagub yang gres harus bisa dan mau melanjutkan program-program wagub sebelumnya," ujar Kunto.

Saat masuk pada sesi tokoh calon Wagub pengganti Sandiaga Uno, panelis mengajukan 2 nama gres yang bisa dipertimbangkan selain 3 nama yang sudah muncul terlebih dahulu, yaitu Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu dan Abdurrahman Suhaimi.

"Dua nama gres itu muncul alasannya ialah dicitrakan oleh panelis punya pengalaman dan kapabilitas. Igo Ilham anggota DPRD Jakarta dan Muhammad Irwansyah yang mempunyai rekam jejak menyerupai Ahmad Syaikhu, pernah menjadi calon Wakil Gubernur. Hanya saja Irwansyah ialah cawagub Sumatera Selatan dan wali kota Pangkal Pinang. Sementara Syaikhu, cawagub Jawa Barat dan wakil wali kota Bekasi," kata Kunto.


Kunto memahami bahwa nama Agung, Syaikhu, Suhaimi, Igo dan Irwansyah ini harus melalui fit and proper test Gerindra dan PKS. Namun, beliau menambahkan, kelima tokoh PKS ini seharusnya sanggup dipertimbangkan untuk menjadi calon berpengaruh pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur Jakarta.


Simak juga video 'IndoDiner, Tempat Nongkrong yang Estetik ala Film Hollywood':

[Gambas:Video 20detik]


KedaiKOPI: 5 Nama Ini Layak Dampingi Anies di Jakarta


Sumber detik.com

Artikel Terkait