Kpu Beri Tahu Pertanyaan Debat, Ma'ruf: Aku Kira Itu Bagus


KPU akan memberitahukan pertanyaan debat ke capres-cawapres sepekan sebelum debat. Cawapres Ma'ruf Amin siap mengikuti hukum itu.

"Saya kira itu aturan, ya kita ikut saja. Karena itu, merupakan komitmen kedua pihak bahwa KPU mempersiapkan pertanyaan untuk disampaikan kepada kita, saya kira itu bagus," kata Ma'ruf Amin di PIQ Al-Misbah, Jalan Bak Air Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (6/1/2019).

Ma'ruf Amin mengaku terus mempersiapkan debat pertama yang akan berlangsung pada 17 Januari 2019. Ma'ruf dan timnya membahas aneka macam bahan untuk debat.

"Kita sudah persiapkan, tadi pun juga ada tim dari jam 07.00-09.00 WIB diskusi bahan pembahasan. Dan akan kita update hingga waktunya," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, KPU telah menjelaskan alasan pertanyaan debat capres diberitahukan lebih dahulu ke capres dan cawapres. KPU menyatakan debat capres 2019 nanti bukanlah kuis tebak-tebakan.

"Dengan menawarkan soal sebelumnya, gagasan yang disampaikan oleh pasangan calon dapat lebih diuraikan dengan terang dan utuh. Apa visinya jikalau terpilih, apa misinya untuk membangun bangsa, dan apa programnya untuk mengatasi aneka macam problem rakyat, sehingga publik dapat menawarkan evaluasi bukan menurut informasi yang sepotong-sepotong," kata anggota KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, dalam keterangan tertulis, Minggu (6/1/2018). [detik.com]

Artikel Terkait