Lampaui Target, Joko Widodo Sebar 9,3 Juta Akta Tanah Di 2018


Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengumumkan capaian akta tanah gratis yang dibagi-bagikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepanjang 2018. Dia mengatakan, realisasinya sampai final tahun melebihi target.

"Seluruh produk BPN tahun kemudian dapat kita capai 9,3 (juta), 9.314.000 (sertifikat)" katanya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Angka tersebut melebihi sasaran yang dipatok pada 2018 sebanyak 7 juta akta tanah. Melihat capaian tersebut, diperlukan sasaran tahun ini sebanyak 9 juta akta dapat direalisasikan.

"Mudah-mudahan, alasannya yaitu kan kita ubah aturan, kita perkenalkan teknologi, kita terbantu sekali dengan teknologi, kita perkenalkan juru ukur swasta, kita perbaiki apa yang perlu diperbaiki, birokrasi kita itu kerja oke," jelasnya.

Dia mengatakan, sebelumnya banyak regulasi yang menciptakan pemerintah tidak dapat bergerak cepat. Akhirnya regulasi tersebut diperbaiki.

"Selama ini aneka macam hambatan itu alasannya yaitu regulasi, macam-macam yang menciptakan mereka tidak dapat bergerak cepat," ujarnya.

Pemerintah pun menargetkan seluruh tanah di Indonesia telah mendapat akta tanah alias terdaftar pada 2025.

"Alhamdullilah tahun kemudian dapat kerja anggun sekali, mudah-mudahan tahun ini juga. Kita punya target, 2025 seluruh tanah terdaftar di republik ini," tambahnya. [detik.com]

Artikel Terkait